Mohon tunggu...
Ghivaricahya
Ghivaricahya Mohon Tunggu... Mia San Mia

Mia San Mia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

"Hijaukan Alam, Peduli Lingkungan", Penanaman Pohon Aren oleh Mahasiswa KKN Upgris

23 Februari 2021   14:07 Diperbarui: 23 Februari 2021   14:15 71 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Hijaukan Alam, Peduli Lingkungan", Penanaman Pohon Aren oleh Mahasiswa KKN Upgris
img-20210219-wa0005-6034a45d8ede4863444239e5.jpg

Banjarnegara – Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang menyelenggarakan penanaman bibit pohon aren di Desa Petir, Purwanegara, Banjarnegara pada hari kamis, 18 Februari 2021.


Kegiatan ini menjadi salah satu program kerja di bidang lingkungan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UPGRIS yang melaksanakan tugasnya di Desa Petir. Pemilihan pohon aren ini di gagas langsung oleh Kepala Desa Petir, yaitu bapak achmad yang menginginkan adanya pohon aren di pinggiran sungai. Pohon aren tersebut dapat mencegah adanya erosi dari air sungai, guna mencegah adanya tanah longsor yang bisa terjadi kapan saja. Di karenakan waktu sekarang ini masih memasuki musim hujan, maka upaya pemilihan pohon aren sebagai bibit yang di tanam sangatlah bermanfaat. Selain itu manfaat dari pohon aren yaitu sebagai penghijauan alam, dan diharapkan setelah bibit pohon tumbuh besar masyarakat  dapat memanfaatkan bagian – bagian dari pohon aren tersebut seperti diolah menjadi gula aren, kolang – kaling, dan lain sebagainya.


Desa Petir merupakan salah satu desa di kecamatan Purwanegara, Banjarnegara, Jawa Tengah. Lokasinya berjarak sekitar 24 kilometer dari pusat kota Banjarnegara. Desa Petir posisinya berada di daerah paling selatan di Banjarnegara.


Topografi Desa Petir sebagian besar adalah daerah perbukitan yang merupakan rangkaian bagian Pegunungan Serayu Selatan dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Kebumen.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi
Dalam penanaman bibit pohon aren di bantu diatur oleh bapak Wajim selaku ketua RT 06 RW 03 yang memang kebanyakan bibit di tanam di pinggir sungai RT 06 RW 03. Bapak Wajim bertugas membimbing mahasiswa KKN agar tidak salah dalam proses penanaman.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi
Pembelian bibit pohon aren dilaksanakan pada hari Rabu, 17 Februari 2021 di daerah baturaden, banyumas. Bersama mahasiswa kkn yang lain, kami membeli bibit pohon tersebut sebanyak 20 bibit pohon aren dengan 1 bibitnya dihargai 2.500 Rupiah. Sebelum ditanam keesokan harinya, bibit di simpan di rumah bapak Wajim sekaligus menjadi Posko KKN UPGRIS di Desa Petir. Proses penanaman berlangsung selama satu hari dengan titik – titik di pinggiran sungai yang akan ditanami sudah di beritahu oleh bapak Wajim selaku ketua RT setempat.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Kegiatan penanaman bibit pohon aren yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UPGRIS ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih kepada lingkungan Desa Petir bukan hanya saat ini akan tetapi juga dalam jangka waktu yang panjang. Kelak pohon aren ini akan berguna bagi anak dan cucu Desa tersebut.

VIDEO PILIHAN