Mohon tunggu...
Ghina Amania
Ghina Amania Mohon Tunggu... Copywriter -

Ghina does content marketing for Sribu.com and Sribulancer.com. A metropop-books addict :)

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

5 Cara Memilih Freelancer Terbaik di Asia untuk Bisnis Anda

11 Agustus 2016   16:51 Diperbarui: 15 Agustus 2016   13:22 423 5 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Freelance writer (credit: freelancerfaqs)

Tahukah Anda lebih dari 53 juta penduduk Amerika telah terjun ke dunia freelancing? ‘Pekerjaan lepas’ ini terus meroket, mengikuti arus perubahan bisnis yang semakin modern. Banyak pekerja yang ingin mengasah skill mereka dengan cara sendiri dan memilih untuk bekerja dari rumah.

Sekarang ini banyak perusahaan yang menggunakan jasa freelancer baik untuk menyelesaikan project kecil maupun besar. Walaupun bisa dikatakan, untuk saat ini market terbesar freelancing ada dalam bidang komputer, entah itu pemrograman atau desain grafis. 

Metode baru ini menghadirkan tantangan baru dalam proses perekrutan yang biasanya hanya bisa dilakukan dengan cara yang masih tradisional, yaitu dengan bertatap muka, wawancara hingga membicarakan hal lainnya seperti benefit dan asuransi, sekarang dapat Anda lakukan hanya dengan online baik dalam negara maupun antar negara.

Dengan banyaknya perubahan sistem pada market yang semakin canggih, berikut saya berikan 5 tips mudah dan cepat untuk menemukan freelancer yang tepat untuk bisnis Anda.

1. Gunakan referensi dari relasi Anda

Anda mungkin sering melihat resume atau CV yang menarik hati hanya dalam sekali baca. Namun terkadang, freelancer terbaik justru datang dari rekomendasi-rekomendasi relasi atau koneksi Anda.

Cara yang paling mudah adalah dengan mengirim email ke mereka dan mencari tahu apakah mereka pernah menggunakan jasa freelancer akhir-akhir ini. Mungkin saja mereka memiliki satu freelancer yang sangat direkomendasikan. 

Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu dan mendapatkan referensi dari orang-orang yang terpercaya. Semakin Anda menemukan koneksi dan informasi lainnya, maka semakin berkembang pula usaha Anda.

2. Temukan di situs-situs freelance online

Situs seperti Sribulancer memiliki SDM yang bagus bagi Anda yang sedang mencari freelancer profesional untuk project atau pekerjaan tertentu.

Situs ini memudahkan Anda dalam mencari freelancer dengan 7 kategori utama, mulai dari Website & Pengembangan, Pengembangan Aplikasi Mobile, Penulisan, Desain & Multimedia, Bisnis & Pemasaran Online, Entri Data sampai Penerjemahan. Pencarian freelancer pun dibuat semudah mungkin dengan tampilan website yang user friendly

Dengan menggunakan jasa penyedia freelancer online seperti Sribulancer, Anda dapat memanfaatkan media tersebut untuk menemukan freelancer yang paling cocok untuk project-project Anda.

Jangan khawatir soal pembayaran, Anda hanya perlu membayar ke penyedia jasa, selanjutnya mereka yang akan mengurus semua pembayaran ke freelancer. Jadi, Anda bisa berfokus pada bisnis atau project yang sedang berjalan.

3. Atur waktu dan anggaran Anda sebelum merekrut freelancer

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan