Mohon tunggu...
Ghina Lenggo Geni
Ghina Lenggo Geni Mohon Tunggu...

Mahasiswa Prodi Pendidikan Musik FBS UNP

Selanjutnya

Tutup

Musik

RUU Permusikan

18 Februari 2019   23:51 Diperbarui: 19 Februari 2019   19:43 63 1 0 Mohon Tunggu...

Dikutip pada hasil pencarian KBBI Daring. kbbi.kemendikbud.go.id. Diakses Selasa (19/02/19). Seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, fungsinya, bentuknya, makna dari bentuknya, dan sebagainya), seperti tari, lukisan, ukiran.

Menurut Bambang Sugiharto (2013) dikutip dari laman indoprogress.Com , musik merupakan pengalaman sosial, dimana musik mempunyai sistem kerja yang melibatkan orang banyak bagi masyarakat modern. Artinya, musik merupakan suatu bentuk daripada gambaran realitas, atau dengan kata lain, realitas yang diartikulasikan melalui musik.

RUU permusikan adalah rancangan undang-undang yang membahas secara rinci pasal-pasal mengenai musik di Indonesia.

Saya setuju saja dengan adanya RUU ini, karena dengan adanya RUU ini seperti pada pasal 5 contohnya, banyaknya larangan-larangan tentang konten-konten yang tidak baik seperti pornografi, kekerasan, penistaan dan lain sebagainya yang bisa meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, yang nantinya bisa memecah belah masyarakat khususnya penikmat musik tersebut. 

Namun, saya merasa RUU ini kurang adil, kenapa hanya musik saja yang diadakan RUUnya, sedangkan seni-seni lain seperti seni tari, seni drama, seni rupa, dan seni lainnya tidak ada RUU nya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x