Mohon tunggu...
Ghiffary Muhammad Ramadan
Ghiffary Muhammad Ramadan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1-Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Pendidikan Indonesia

Univesitas Pendidikan Indonesia KKN Tematik 2021 MDBPE-MBKM di Masa Pandemi Covid-19

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Optimalisasi Efektivitas Pembelajaran Daring, Mahasiswa KKN UPI Mengadakan Sosialisasi kepada Orang Tua Murid SDN 177 Cipedes

30 Juli 2021   01:32 Diperbarui: 30 Juli 2021   01:40 347
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pandemi Covid-19 di Indonesia tak kunjung usai. Masyarakat yang terpapar virus Covid-19 terus meningkat. Apalagi sejak awal bulan Juli ini pemerintah menerapkan kembali PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat di pulau Jawa dan Bali akibat melonjaknya kasus harian virus Covid-19. 

Adanya kebijakan PPKM ini tentu berdampak terhadap berbagai macam pembatasan kegiatan dan aktivitas masyarakat di berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan yang harus dilakukan dari rumah atau secara daring (Dalam Jaringan), seperti menggunakan aplikasi WhatsApp, Google Meet, Zoom Meeting dan sebagainya.

 Keefektifan pembelajaran secara daring tentu berbeda dengan pembelajaran tatap muka. Masalah utama yang dihadapi pembelajaran daring adalah fokus belajarnya murid, terutama pada anak-anak sekolah dasar. Gangguan tersebut dapat terjadi karena berbagai hal, seperti lingkungan, maupun kurangnya perhatian dan dukungan dari orang tua. 

Peran orang tua menjadi sangat penting dan besar dalam pembelajaran daring. Alasan utamanya karena tidak hadirnya guru secara langsung di depan para murid yang mengharuskan orang tua menjadi pendamping proses belajar anak-anaknya. 

Maka dari itu, kami berempat mahasiswa UPI yang sedang melaksanakan KKN di SDN 177 Cipedes mengadakan kegiatan sosialisasi atau penyuluhan terhadap orang tua murid SDN 177 Cipedes guna memberikan edukasi dan sharing terkait pentingnya peran orang tua dalam membimbing anak belajar secara daring dan bagaimana menjadi orang tua bijak di era pandemi ini.

dokpri
dokpri

Rabu, (28/07/2021) tepat pukul 10.00 WIB dimulailah kegiatan sosialisasi bertemakan POETRY "Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Belajar Daring di Masa Pandemi Covid-19" yang diadakan melalui aplikasi Google Meet. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh sekitar 40 orang tua dan wali murid beserta anak-anaknya. 

Turut hadir pula Kepala Sekolah SDN 177 Cipedes, Ibu Yuningsih, S.Pd. beserta para bapak ibu guru yang menyempatkan waktunya untuk menyimak kegiatan sosialisasi ini. Kegiatan sosialisasi ini membahas 4 pokok pembahasan, yaitu:

  • Covid-19 dan Cara Pencegahannya;
  • Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Belajar Daring;
  • Tips Belajar Asyik di Rumah; serta
  • Bijak Menyaring Informasi di Era Pandemi.

Kegiatan sosialisasi diawali dengan pembukaan oleh Faqih Abdurrahman, mahasiswa S1 Pendidikan Khusus dan langsung dilanjutkan dengan pematerian pokok pembahasan pertama mengenai informasi umum tentang Covid-19. Informasi umum ini meliputi pengertian Covid-19, cara penularannya serta bagaimana cara pencegahannya. Edukasi ini diperlukan agar orang tua dapat memahami tentang bahaya virus Covid-19 dan bagaimana pencegahan yang harus dilakukan. 

Dengan demikian, orang tua bisa memberikan penjelasan, pemahaman kepada anak-anaknya terkait dampak yang ditimbulkan oleh virus Covid-19, seperti kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan secara daring. Selain itu, orang tua juga dapat memberikan contoh perilaku yang benar kepada anak terkait bagaimana menghadapi dan menjalani aktivitas di era pandemi ini, yakni dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan baik di dalam rumah maupun ketika keluar rumah.

Selanjutnya, Fitri Nuraini, mahasiswi S1 PGSD Kampus Tasikmalaya menjelaskan pematerian pokok pembahasan kedua, yaitu mengenai peran orang tua dalam membimbing anak belajar daring. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, keefektifan pembelajaran secara daring tidak luput dari andilnya peran orang tua dalam mendampingi dan membimbing anak selama proses kegiatan belajar berlangsung. 

Disini Fitri menjelaskan peran atau tahapan apa saja yang harus dilakukan orang tua dalam mendampingi anak belajar daring, mulai dari membangun suasana positif di rumah, membuat jadwal, memahami karakteristik anak, menjaga komunikasi dan saling bekerja sama dengan guru ataupun anggota keluarga lain, memberikan waktu istirahat untuk anak hingga selalu memperhatikan nutrisi anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun