Mohon tunggu...
Ghifarli MA
Ghifarli MA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hanya untuk bersenang-senang

- Morto per la liberta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kecemasan Salah Satu Mahasiswi Ini Mengenai Kenaikan Kasus Covid-19 dan Perpanjangan Kuliah Online

23 Juni 2021   23:12 Diperbarui: 23 Juni 2021   23:24 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangan Pandemi Covid-19 menunjukan peningkatan yang drastis dalam empat minggu terakhir. Satuan Petugas (Satgas) Covid-19 meminta pemerintah daerah untuk menerapkan Pemberarlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro. Di perlukan penerapan PPKM yang optimal pemerintah daerah dalam mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19.

Pada tanggal 23 Juni 2021 berdasarkan data yang diperoleh, kenaikan kasus Covid-19 mengalami penambahan 15.308 kasus positif, 7.167 sembuh, dan 303 meninggal dunia. Dengan adanya peningkatan kasus Covid-19, salah satu mahasiswi khawatir dengan perpanjangan masa pembelajaran jarak jauh  akan semakin berlanjut.

Rani Cahyani Gusti, mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi menceritakan kejenuhan dalam menjalani kuliah online. Masih terdapat banyak kekurangan dalam pembelajaran jarak jauh, tetapi disisi lain perlu mengikuti peraturan pemerintah dalam penanganan Covid-19 yang sedang terjadi.

"Gue udah bosen setahun lebih ngejalanin kuliah online seperti ini, kekurangan masih banyak yang perlu dibenahi. Apalagi gue anak komunikasi, gue orangnya juga aktif. Kayak aneh aja jadinya. Di tambah lagi kasus covid di daerah gue ini yaitu bekasi mengalami kenaikan yang lumayan tinggi. Disatu sisi gue khawatir atas perpanjangan kuliah online, di satu sisi gue juga cemas sama adanya virus corona ini," ucapnya

"Gue anak komunikasi, perlu banget komunikasi secara langsung gitu. Banyak tugas yang perlu terjung langsung di lapangan juga. Pembelajaran daring kayak kurang efektif aja buat gue sendiri. Belum lagi internet yang terbilang masih buruk, nguras biaya juga. Pengeluaran lebih banyak untuk kuliah online. Ditambah lagi gue masih banyak gagal paham dalam materi yang disampaikan dalam kuliah online," ungkapnya

Meskipun pembelajaran masih dilakukan secara daring, tetapi tugas yang didapatkan masih perlu untuk terjun langsung untuk bertatap muka dengan orang lain, hingga berinteraksi langsung dengan banyak orang

"Untuk tugas sendiri memang beberapa perlu komunikasi langsung, misalnya ada tugas untuk membuat berita, bikin program acara, bikin podcast, bikin talkshow, itu perlu interaksi dengan orang lain. Gue juga sedikit khawatir sama diri gue sendiri, gue benar-benar nerapin prototol kesehatan jugasih. Kalau ketemu orang ya gue pake masker sama handsanitizer juga. Buat jaga-jaga juga, terus engga mau untuk ke tempat yang rame banget juga. Pokoknya jaga diri sendiri," tutupnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun