Mohon tunggu...
Ghifari Indriani A
Ghifari Indriani A Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Fakultas Psikologi dan Sosial Budaya Prodi Psikologi

saya memiliki kepribadian yang unik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengapa Terjadinya Post Trauma Stress Disorder (PTSD) dalam Kasus Pelecehan Seksual

1 Desember 2022   17:41 Diperbarui: 1 Desember 2022   17:46 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kini, sudah marak terjadinya kasus pelecehan seksual terhadap perempuan yang berdampak dengan banyaknya masyarakat yang sudah mulai sadar dan menyuarakan pendapat mereka melalui berbagai macam platform. Namun, tidak sedikit juga yang menutup telinga dan tidak perduli tentang betapa besar dampak yang diberikan akibat terjadinya pelecehan seksual hingga menganggap sesuatu kejahatan yang wajar.

Pelecehan seksual (sexual harassment) merupakan tindakan kejahatan kekerasan dalam bentuk pemaksaan yang merujuk pada tindakan seksual dan kemudian disampaikan melalui kontak fisik maupun non-fisik. Dengan adanya budaya patriarki di masyarakat yang kuat dimana menempatkan laki-laki sebagai pemegang kekuasaan utama menyebabkan perempuan dianggap sebagai second class citizen yang secara sistematis mendapatkan diskriminasi dikalangan bermasyarakat. Selain itu, perempuan sering kali mendapatkan stereotip sebagai makhluk yang lemah dan rendah.

Namun, pelecehan seksual kebanyakan terjadi karena dilakukan oleh laki-laki terhadap perempuan. Walaupun begitu, tak jarang kasus pelecehan yang dilakukan oleh perempuan terhadap laki-laki, dan juga dengan sesama jenis (LGBT). Biasanya pelecehan seksual bisa juga dalam bentuk lelucon yang berkonotasi ke arah seksualitas.

Jenis- jenis pelecehan seksual dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu :

1. Pelecehan gender

Perilaku yang menyinggung atau memperlakukan harga diri perempuan termasuk komentar yang menghina.

2. Pemaksaan seksual (sexual abuse)

Pemaksaan melakukan hubungan yang berkaitan dengan seks dengan melakukan ancaman secara seksual.

3. Penyuapan terhadap korban

Pelecehan seksual bisa terjadi dengan meminta korban untuk berhubungan badan karena sudah membuat janji yang tidak bisa dipenuhi (exchange)

Lalu, mengapa dalam kasus pelecehan seksual memiliki hubungan dengan terjadinya dampak gangguan kecemasan Post Trauma Stress Disorder (PTSD)?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun