Mohon tunggu...
Ghaisani AuliaSafira
Ghaisani AuliaSafira Mohon Tunggu... Lainnya - KKN TEMATIK LITERASI

Hanya Mahasiswi yang sedang KKN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik Literasi di SDN 1 Banjarsari Kabupaten Ciamis

24 September 2021   23:27 Diperbarui: 24 September 2021   23:31 32 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Tematik Literasi di SDN 1 Banjarsari Kabupaten Ciamis
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejak adanya Pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung dari tahun 2020 hingga saat ini memunculkan banyaknya kebiasaan-kebiasaan baru sehingga terjadi perubahan sosial dalam berbagai aspek di masyarakat. 

Tak terkecuali dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang II yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di tahun 2021 dengan tema Membangun Literasi melalui program pengajaran yang diberikan kepada siswa dan siswi Sekolah Dasar (SD), keluarga, dan juga elemen masyarakat. 

Dengan adanya program KKN ini diharapkan dapat mengembangkan budaya literasi di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup.

KKN ini yang tetap dilaksanakan secara daring seperti Gelombang I kemarin dan dilakukan secara individu yang ditempatkan sesuai dengan domisili masing-masing mahasiswa. Salah satu mahasiswa yang mengikuti program KKN Gelombang II tahun ini ialah Ghaisani Aulia Safira ang sering dipanggil Ghae. 

Ghae menuturkan bahwa KKN tahun ini ia memilih program KKN di salah satu sekolah dasar di tempat daerah asalnya yaitu Kabupaten Ciamis. 

Program KKN Tematik Literasi contohnya melakukan pendampingan pembelajaran siswa yang mendukung kegiatan literasi, pendampingan orangtua dalam membimbing anak untuk semua mata pelajaran yang mendukung kegiatan literasi, mendesain media pembelajaran yang mendukung kegiatan literasi, membantu administrasi sekolah yang mendukung kegiatan literasi, penyediaan bahan bacaan non pelajaran yang mendukung kegiatan literasi, membuat video unggulan program literasi, dan lain sebagainya.

Saat ini terkait pembelajaran di sekolah-sekolah kabupaten Ciamis sudah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang telah dimulai awal September 2021 kemarin. 

Sesuai ketentuan, PTM hanya berlangsung di zona hijau dan kuning serta tenaga pendidik di sekolah harus sudah Vaksin Covid-19. SDN 1 Banjarsari adalah salah satu sekolah yang terpilih untuk melaksanakan program PTM. 

Di SDN 1 Banjarsari sendiri menggunakan sistem "Shifting" yaitu shift pagi dan siang, yang terbatas dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Siswa dibagi dalam kelompok belajar. 

Masing-masing kelompok belajar melakukan PTM terbatas hanya berada di sekolah selama 3 jam. PTM di SDN 1 Banjarsari juga masih dikombinasikan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 

PJJ dilakukan secara daring melalui Whatsapp Group untuk memberikan materi kepada kelompok belajar untuk memberikan dan mengumpulka tugas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan