Mohon tunggu...
Gesang Tri Prasojo
Gesang Tri Prasojo Mohon Tunggu... Mahasiswa

Halo, nama saya Gesang Tri Prasojo. Saya berasal dari Cilacap, saat ini berdomisili di Yogyakarta. Saya masih kuliah di Universitas Amikom Yogyakarta dengan gelar sarjana Teknik Informatika. Saya sangat antusias dengan Mobile Development, Website Development, UI / UX Development, Creative Digital Marketing, dan menulis buku / novel. Hanya ingin meraih kesuksesan kebahagiaan dan berguna untuk sekitar. "Pengalaman adalah guru terbaik untuk mencapai kesuksesan. Saya hanya percaya diri!" "Ketidakmampuan bukanlah halangan yang harus dihindari, namun tantangan yang harus dihadapi."

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengaruh Perkembangan Teknologi di Bidang e-Commerce pada Kehidupan Sehari-hari

16 Januari 2021   01:00 Diperbarui: 16 Januari 2021   02:14 142 2 0 Mohon Tunggu...

Hallo, Seperti yang kita ketahui bahwasanya perkembangan teknologi sangat cepat. Nah untuk kali ini saya menemukan pokok bahasan yang menarik nih, yaitu tentang pengaruh perkembangan teknologi di bidang e-commerce pada kehidupan sehari-hari kita. Sebagai contoh seperti ketika anda membutuhkan barang atau produk tertentu yang menunjang aktifitas pekerjaan anda, pasti anda akan membeli barang yang memiliki kualitas baik pada tahun ini namun pada akan muncul produk yang sama namun dengan spesifikasi dan kualitas dua kali lipat daripada produk yang anda beli tahun ini. Melihat dari sudut pandang yang lebih kecil bidang e-commerce semakin kesini semakin ramai apalagi dengan adanya marketplace yang sudah bisa melakukan transaksi serba online. Contoh sebelum perkembangan teknologi yang kita ketahui adalah saat melakukan belanja di pasar tradisional, mall dengan berdesak-desakan dan mengantri. Namun, ketika teknologi sudah berkembang sebesar sekarang masyarakat lebih dominan untuk melakukan belanja melalui aplikasi seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, OLX, yang pelaksanaanya sangat mudah dan tidak pakai ribet. Di era yang penuh dengan perkembangan teknologi yang semakin besar ini kita hanya tinggal menggunakan smarphone kita untuk melakukan transaksi keuangan dan perbankan yang lebih cepat dan sangat efisien.

Dampak Positif Perkembangan Teknologi di Bidang E-commerce:

  • Memajukan dunia perindustrian

Dalam hal ini dengan pertumbuhan teknologi yang pesat dapat mendongkrak ekonomi suatu Negara karena daerah-daerah yang terbelakang dapat dijangkau dan di edukasi secara baik, dan eksplorasi secara menyeluruh dapat dilakukan untuk meningkatkan perekonomoian, dan merata keseluruh masyarakat.

  • Penyebaran data yang sangat cepat

Pertumbuhan teknologi memiliki dampak positif pada penyebaran data. Sebelum teknologi berkembang seperti sekarang kita hanya dapat mengandalkan pesan suara radio atau siaran tv hitam putih agar dapat mengetahui informasi terbaru, dengan adanya perkembangan teknologi seperti saat ini internet mengambil kedudukan keduanya. Kedatangan internet membuat penyebaran data terjalin dengan sangat cepat. Apa yang terjadi detik ini di belahan bumi yang lain bisa secara langsung kita akses saat itu juga.

  • Dapat terhubung ke seluruh dunia

Dengan adanya teknologi seperti sekarang jarak bukanlah batasan untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain, bukan hanya itu saja kita juga dapat tersambung dengan cepat hanya dengan mengandalkan internet. Tidak seperti dulu, jika kita ingin menghubungi orang lain yang berada diluar kota harus melalui kantor pos dan harus menunggu lagi agar dapat menerima balasan.

  • Melakukan ekspor atau impor kemana saja

Akibat positif perkembangan teknologi juga dapat meningkatkan ekspor dan impor barang atau produk lokal ke internasional. Maka dari itu setiap perkembangan teknologi juga akan meningkatkan ekonominya dan menjalin hubungan dagang dengan Negara-negara yang menyukai produk lokal kita.

Disamping dampak positif juga pasti ada dampak negatif, contohnya:

  • Cybercrime
  • Hacking
  • Carding
  • Blackmarket
  • Penipuan
  • dsb.

Di bidang pendidikan dapat terjadi kejahatan seperti cyberbullying, penyebaran hoax, ujar kebencian dan masih banyak lagi yang sangat meresahkan bagi generasi muda dan para penerus bangsa. Oleh karena itu, Kita harus berhati-hati dan pandai dalam melakukan aktifitas penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari terutama saat melakukan transaksi online agar anda tidak mengalami penipuan, dan segera melaporkan kepada pihak berwajib jika anda mengalami kejadian yang tidak diinginkan pada saat menyelam di intenet.

Demikian pembahasan yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini, maaf bila ada salah-salah kata dan terimakasih banyak sudah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel ini :D

VIDEO PILIHAN