Mohon tunggu...
Gery Erlangga
Gery Erlangga Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Historia Vitae Magistra

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Lestari Pilihan

Generasi Muda dan Gerakan Go Green dalam Mencegah Global Warming

9 Agustus 2022   20:35 Diperbarui: 9 Agustus 2022   20:45 226 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Indonesia Lestari. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Dewasa ini, dunia dihadapkan dengan berbagai permasalahan seputar lingkungan hidup seiring dengan bertambahnya usia bumi yang semakin menua. Salah satu permasalahan yang sedang dihadapi oleh seluruh makhluk hidup di muka bumi yakni pemanasan global (global warming). 

Pemanasan global (global warming) pada saat ini telah menjadi isu internasional dan sudah dirasakan oleh seluruh makhluk hidup di dunia yang ditandai oleh peningkatan suhu bumi dan kondisi cuaca yang tidak menentu. Pemanasan global dapat terjadi akibat dari setiap aktivitas manusia seperti polusi industri, asap kendaraan dan penebangan hutan (Nugroho, Ismail, & Hariz, 2018).

National Resources Defense Council (dalam Andryani, 2015) mengemukakan bahwa aktivitas manusia yang menghasilkan polusi karbon menjadi penyebab suhu bumi menjadi panas. Kondisi suhu bumi yang setiap saat bertambah panas dapat mengakibatkan terjadinya bencana cuaca, kekeringan dan banjir serta dapat menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius. 

Manusia sebagai salah satu makhluk hidup di muka bumi ini memiliki peran yang cukup besar terhadap keberlangsungan lingkungan hidup di dunia karena manusia dan makhluk hidup lainnya pada dasarnya saling berinteraksi dengan lingkungan hidup dan saling mempengaruhi antara satu dengan yang lain. 

Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa pola perilaku manusia terhadap lingkungan akan membentuk lingkungan hidup yang sesuai dengan perilaku manusia.

Persoalan lingkungan yang saat ini telah menjadi isu sekaligus permasalahan global, sudah seharusnya mendapatkan perhatian khusus dari setiap golongan manusia di muka bumi ini, termasuk dari para generasi muda.

 Generasi muda sebagai salah satu sumber daya manusia yang memiliki potensi dan pemikiran kreatif serta inovatif dapat dimanfaatkan untuk menyuarakan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup. 

Generasi muda yang memiliki semangat juang menggebu-gebu dan kemampuan dalam mencari jalan keluar dari suatu persoalan dapat dijadikan sebagai ujung tombak dari sebuah gerakan perubahan.

World Economic Forum’s Global Shapers Survery (dalam Wandari & Darma, 2020) mengungkapkan bahwa generasi muda sekarang lebih peduli terhadap isu lingkungan dari pada isu-isu global lainnya yang ada di dunia saat ini. Tidak sedikit dari generasi muda saat ini yang menjadi pelopor dalam mengkampanyekan gerakan go green

Go green merupakan suatu gerakan sosial yang berupaya untuk lebih peduli dalam melestarikan dan mengelola lingkungan sekitar guna dapat memperbaiki dan meminimalisir terjadinya kerusakan lingkungan serta dalam melaksanakan gerakan go green tersebut melibatkan masyarakat umum (Wadu, Ladamay, & Fitriya, 2020). 

Gerakan go green memerlukan partisipasi dari masyarakat umum dan tidak bisa hanya dijalankan oleh sekelompok orang seperti generasi muda saja karena untuk membendung fenomena pemanasan global harus melibatkan seluruh pihak agar terciptanya kesadaran lingkungan yang paripurna.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Lestari Selengkapnya
Lihat Indonesia Lestari Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan