Mohon tunggu...
Geraldus Branta Suryaputra
Geraldus Branta Suryaputra Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Siswa SMA Kanisius Jakarta

Suka makan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Teknik Mekatronika: Mengapa Belajar Mekatronika?

30 November 2022   21:40 Diperbarui: 2 Desember 2022   04:56 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Pengetahuan dan Mekatronika

Di era modern ini, peradaban manusia sudah sangat bergantung dengan teknologi. Teknologi membantu manusia mengerjakan tugas-tugasnya, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam sektor-sektor spesifik. Fenomena ini terjadi bukan tanpa alasan. Sejak awal teknologi memang diciptakan untuk menjawab masalah-masalah yang dihadapi oleh manusia. Industrialisasi dan tonggak-tonggak pencapaian lain yang dialami peradaban manusia adalah berkat dari teknologi yang senantiasa berkembang.

Untuk menjawab persoalan yang juga semakin rumit, keilmuan yang menjadi dasar diciptakannya teknologi juga semakin berkembang. Pada titik ini permasalahan yang dihadapi oleh peradaban manusia menjadi mustahil untuk bisa dijawab oleh satu keilmuan tunggal.  Berangkat dari hal tersebut, saat ini hadir sebuah cabang ilmu pengetahuan bernama mekatronika. Mekatronika adalah integrasi dari ilmu mekanik, elektrik, dan teknologi informasi yang dibuat untuk menjawab permasalahan modern yang semakin kompleks.

Mekatronika adalah salah satu keilmuan integratif yang paling bermanfaat dalam kehidupan manusia. Penerapan mekatronika dapat ditemukan di banyak sekali sektor dalam peradaban manusia. Dalam bidang kesehatan, mekatronika memungkinkan manusia untuk melakukan robot-assisted surgery, yaitu prosedur bedah dengan bantuan robot. Dalam bidang otomotif, saat ini perusahaan-perusahaan sedang gencar membuat kendaraan-kendaraan berbasis listrik yang dianggap lebih ramah lingkungan. Tidak hanya itu, mekatronika juga merupakan keilmuan dasar yang digunakan dalam pengembangan sistem autopilot dalam kendaraan bermotor.

Dalam sektor industri dan manufaktur, mekatronika digunakan untuk membuat sistem-sistem automasi yang mempercepat proses-proses kerja dalam sektor ini. Jadi, bisa dibilang mekatronika memiliki andil yang besar dalam peradaban manusia modern.

Peran Pelajar dalam Peradaban Manusia

Secara natural peradaban manusia akan terus berkembang dan akan selalu dihadapkan dengan masalah-masalah baru yang perlu dipecahkan. Manusia harus terus menjawab masalah-masalah ini dengan ilmu pengetahuan. Dengan demikian, penting bagi manusia untuk terus melestarikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan. 

Semakin tinggi keinginan manusia untuk mempelajari ilmu pengetahuan, maka akan semakin banyak juga persoalan-persoalan yang dapat dipecahkan. Sebaliknya pun demikian, ilmu pengetahuan akan semakin berkembang dan diperdalam bila sering digunakan untuk memecahkan masalah.

Pelajar sebagai seseorang yang terus mempelari ilmu pengetahuan otomatis menjadi pihak yang secara langsung melestarikan ilmu pengetahuan. Pelajarlah yang menjadi “pahlawan” untuk peradaban manusia di era modern ini. 

Pelajar memastikan ilmu pengetahuan tetap dinamis, terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Sangat penting bagi seluruh manusia untuk terus menjadi seorang pelajar, baik secara formal maupun non-formal demi melestarikan ilmu pengetahuan.

Mengapa Belajar Mekatronika?

Berangkat dari dua premis sebelumnya, bisa dikatakan bahwa mempelajari mekatronika sangat layak untuk dipertimbangkan. Mempelajari mekatronika yang merupakan ilmu pengetahuan integratif akan membuat seseorang mampu menjawab persoalan-persoalan dalam berbagai bidang.

Mekatronika adalah ilmu pengetahuan yang memikirkan berbagai aspek dari suatu produk akhir. Hal ini membuat orang yang mempelajari teknik mekatronika bisa memiliki pemahaman di berbagai bidang yang saling berkomplemen secara sekaligus. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun