Mohon tunggu...
Geovanni Pratama Putri
Geovanni Pratama Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Blog

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia - S1 Biologi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKNT UPI 2021: Penguatan Pembelajaran Daring Berbasis Teknologi untuk Guru dan Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19

24 Juli 2021   16:45 Diperbarui: 24 Juli 2021   17:17 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi covid-19 masih jauh dari kata selesai, infeksi covid-19 ditemukan pada bulan Desember 2019. Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China. Gejala yang ditimbulkan oleh covid-19 terhadap manusia meliputi demam, batuk kering, sesak napas, hingga lemas. Pada tanggal 9 Maret 2020 WHO (World Health Organization) secara resmi menetapkan virus Covid-19 sebagai pandemi. Menurut KBBI pandemi merupakan wabah yang berjangkit serempak di mana - mana atau meliputi geografi yang luas, dengan ini artinya virus corona telah menyebar luas ke berbagai negara. 

Dengan adanya pandemi covid-19, pemerintah membatasi seluruh aktivitas masyarakat, yang mengakibatkan terhambatnya banyak sektor termasuk ekonomi, kesehatan, dll. Pada hal ini  sektor pendidikan juga terkena dampaknya, akibatnya semua pembelajaran tatap muka disekolah ditiadakan dan digantikan oleh pembelajaran daring (online). 

Dampak yang diakibatkan terbagi menjadi 2 jenis, ada dampak negatif dan dampak positif. Dampak negatif dari pembelajaran daring meliputi keterbatasan media pembelajaran, penurunan capaian belajar, kurangnya bersosialisasi, dan beresikonya learning loss atau kehilangan pembelajaran. Sedangkan dampak positif dari pembelajaran daring meliputi guru menjadi paham dalam teknologi, banyak muncul aplikasi pembelajaran online, dan memunculkan kreativitas tanpa batas. 

Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan program kegiatan KKN Tematik selama pandemi, salah satu program utama dari kegiatan ini adalah membangun desa melalui bidang pendidikan, yang bertujuan untuk membantu pembelajaran secara daring disekolah. Didalam program ini terdapat berbagai macam program kerja yang dilakukan, salah satunya ialah penguatan dan pendampingan pembelajaran daring. 

Pandemi covid -19 mengakibatkan banyak sekali perubahan di berbagai bidang, salah satunya merupakan metode pembelajaran dalam bidang pendidikan. Metode ini bisa dibilang masih sangat asing bagi para pengajar, oleh karena itu KKN Tematik berfungsi untuk membantu lemahnya kecakapan guru - guru dalam penggunaan media belajar online.  

Dengan dilaksanakannya KKN Tematik UPI mahasiswa menjalankan program kerja penguatan terhadap pembelajaran daring, pada hal ini mahasiswa akan membantu guru dalam penggunaan aplikasi media pembelajaran online berupa tata cara penggunaan zoom serta aplikasi pembelajaran online lainnya. 

Pembelajaran jarak jauh yang dilaksanankan selama pandemi memerlukan energi ekstra bagi sebagian guru, tidak hanya harus mengubah metode pembelajaran yang diberikan namun guru juga harus mempertahankan kedisiplinan para muridnya seperti dalam hal absensi. Oleh karena itu mahasiswa membantu guru untuk menggunakan media absensi online, media ini berupa google form. 

Program kerja selanjutnya mahasiswa KKN Tematik UPI akan mendampingi siswa selama pembelajaran jarak jauh. Pendampingan merupakan bentuk suatu upaya dalam mengasah kemampuan siswa. Pendampingan belajar yang dilakukan mahasiswa terhadap siswa dilakukan dengan metode menyajikan materi pembelajaran berupa power point, media visual seperti video pembelajaran, dan poster mengenai cara belajar online yang efektif. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun