Mohon tunggu...
Georgius JendoyoPutro momi
Georgius JendoyoPutro momi Mohon Tunggu... Penulis - pelajar/mahasiswa

saya berasal dari keluarga yang sederhana, motivasi saya untuk bergabung dikompasiana adalah saya ingin menjadi seorang penulis yang bertanggung jawab di masa yang akan datang. hobi saya adalah badminton dan volly ball. semoga dengan adanya akun kompasiana ini saya bisa tuangkan tulisan saya semenarik mungkin .

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengembangan Kreativitas yang Inovatif

4 Agustus 2022   20:49 Diperbarui: 4 Agustus 2022   21:15 57 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sumber daya manusia sekarang memiliki nilai jual tersendiri yang mampu membuat hal yangterkecil sampai hal yan g terbesar menjadi sebuah kreativitas yang mampu menghasilkan suatu inoivasi berupa gagasan baru untuk menciptakan sesuatu yang berbeda. kreativitas merupakan jiwa seni yang sudah dimiliki sejak lahir. 

Akan tetapi, kreativitas tidak dapat berkembang dengan sendirinya. Rangsangan dari luar akan berpengaruh untuk menumbuhkan kreativitas .  Kreatif dan kreativitas menunjukan cara berpikir seseorang dalam memecahkan masalah. Kreatif dimulai dari berpikir untuk menemukan ide yang sederhana, tetapi efektif untuk memecahkan suatu masalah. 

Dalam hal ini kreativitas memunculkan suatu inovasi baru berupa gagasan yang inovatif guna untuk memperluas karya-karya yang dibuat. kata inovasi memiliki arti yakni sebagai penemuan yang bary dan tentunya berbeda dari penemuan sebelumnya (gagasan, metode atau alat). 

Sementara kata inovatif berarti bersifat memperkenalkan sesuatu yang baru.  Inovasi bermanfaaat untuk menyempurnakan ataupun untuki meningkatkan fungsi dari pemanfaatan suatu produk atau sumber daya tujuannya adalah agar manusia bisa mendapatkan manfaat yang lebih.                                                                 

Pengembangan kreativitas yang inovatif dapat berpengaruh besar terhadap bertambahnya lapangan pekerjaan dan juga mengurangi tingkat pengangguran yang ada di wilayah Indonesia. Dengan hal ini maka banyak orang yang bersaing dalam menghasilkan kreativitasnya berupa karya-karya yang unik yang dapat mempengaruhi masyarakat peminat atas karya-karya yang telah dibuat. 

Awal yang baik seorang pengembangan kreativitas yang memiliki jiwa inovasi adalah dengan memiliki jiwa kepercayaan yang tinggi dan niat dari dalam diri untuk mengembangkan karya-karyanya. Saya yakin dengan memiliki niat dan ke[ercayaan yang tinggi maka karya-karya yang dihasilkannya dapat diterima oleh masyarakat luas.

Salah satu contoh pengembanga kreativitas yang inovatif adalah memanfaatkan barang-barang bekas menjadi hal yang berguna, contohnya benda yang rusak seperti roda sepeda dapat dimanfaatkan sebagai gantungan baju , roda sepeda tak terpakai bisa digantung pada tiang yang tinggi untuk menjemur baju. Atau contoh lain adalah memanfaatkan buku -buku bekas dapat dijadikan pot. Hal tersebut merupakan bagian dari kreativitas kreativitas yang inovatif yaitu memanfaatkan barang-barang yang tidak berguna menjadi hal yang berguna.  

Kreativitas berasal dari inovasi yang unik karena didasrkan oleh ide maupun gagasan yang inovatif. salah satu inovasi yang kita semua ketahui adalah penemuan pesawat terbang. 

Proses inovasi ini tidak hanya ketika pertama kali pesawat terbang berhasil diciptakan. seiring perkembangan zaman, inovasi mengenai pesawat terbang pun terus dilakukan. oleh karena itu terdapat perbedaan pesawat terbang pada zaman dahulu dengan pesawat terbang zaman modern ini. 

Selain itu penemuan telepone juga daapt menjadi contoh. Ketika awalnya hanya menjadi sarana komunikasi biasa, kini telepone telah berubah menjadi multifungsi. Telepone bisa digunakan untuk mendengarkan musik, mengetik dokumen dan lain sebagainya. Inovasi juga tidak hanya sebatas kata " penemuan " tetapi juga lebih dari itu inovasi juga terdapat dibidang lain seperti bisnis. 

Dengan demikian pengembangan kreativitas yang inovatif dapat muncul kapan saja dan di mana saja. Lingkungan luas mulai dari hal yang sederhana sampai hal yang paling rumit. seorang kreatif adalah orang yang susah ditebak karena ada saja hal-hal yang baru  yang dimunculkan oleh seorang kreatif yang dapat membuat orang kaget atau bahkan tidak percaya. Tetapi dalam hal ini orang yang kreatif sangat peduli dengan lingkungan sekitar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan