Mohon tunggu...
Gentong Mas
Gentong Mas Mohon Tunggu... Gentong Mas Membuat hangat di badan

Gentong mas minuman herbal terbuat dari gula aren dan rempah-rempah pilihan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Gula Aren dan Keunggulannya

9 September 2020   15:05 Diperbarui: 9 September 2020   15:07 11 2 0 Mohon Tunggu...

Gula adalah salah satu bahan pemanis makanan yang banyak digunakan orang. Dan gula itu memiliki banyak variasi: ada gula putih, gula merah, dan gula aren. Masing-masing memiliki rasa dan aroma yang berbeda, sehingga penggunaannya pada makanan pun berbeda. Kali ini, yang akan kita bahas adalah gula aren.

Banyak orang menganggap gula aren dan gula merah sama, karena tampilannya memang terlihat serupa. Padahal, kedua jenis gula ini berbeda. Gula merah dibuat dengan menggunakan sari dari pohon kelapa atau getah palma. Sedangkan gula aren terbuat dari nira pohon enau yang diolah secara tradisional. Dari segi warna, gula aren terlihat lebih pekat dan aromanya lebih kuat.

Gula aren tidak hanya digunakan sebagai pemanis, tapi juga sebagai obat. Ini karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Beberapa di antara kandungannya itu adalah karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, serat, mineral, vitamin B3, dan vitamin C. Dengan kandungan tersebut, mengonsumsi gula aren diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatasi berbagai penyakit.

Salah satu penyakit yang dapat diatasi dengan mengonsumsi gula aren adalah anemia. Kandungan mineral alami, seperti zat besi, magnesium, kalium, dan kalsium di dalamnya dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah, sehingga dapat mengurangi gejala anemia dan penyakit degeneratif akibat kekurangan mineral.

Selain mineral, gula aren juga banyak mengandung vitamin B kompleks dan asam amino yang baik untuk pembentukan sel tubuh. Tak hanya itu, kandungan vitamin B3 di dalamnya berfungsi untuk menjaga kolesterol agar tetap normal. Sedangkan sifat antialergi yang terkandung pada gula aren juga bisa membantu pembersihan lendir pada saluran pernapasan, sehingga baik untuk penderita asma.

Berkaitan dengan itu, saat ini telah tersedia minuman kesehatan yang tak hanya terbuat dari gula aren tapi juga rempah pilihan, yaitu kapulaga, habbatussauda, pala, kayu manis, cengkih, adas manis, cabai jawa, dan bunga lawang, dengan nama Gentong Mas. Produk ini bagus diminum untuk membantu tubuh dalam mencegah gangguan pencernaan, masuk angin, dan rematik, serta untuk meningkatkan gairah dan vitalitas, baik pada pria maupun wanita. Meski rasanya manis, minuman ini relatif aman untuk penderita diabetes karena gula aren memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga berdampak rendah pada glukosa darah.

Saat ini, Gentong Mas telah bisa Anda dapatkan di apotek-apotek dan toko-toko obat terkemuka di kota Anda.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x