Mohon tunggu...
Genta Swara
Genta Swara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Asik

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Energi Bersih dan Terjangkau: Transformasi Mobilitas melalui Kendaraan Listrik

19 Januari 2024   22:24 Diperbarui: 19 Januari 2024   22:43 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.indonesiana.id/read/164359/kolonialisme-industri-ekstraktif-jejak-kotor-kendaraan-listrik

Dalam abad ke-21, tantangan terbesar yang dihadapi manusia adalah perubahan iklim dan ketergantungan pada bahan bakar fosil. Penerapan kendaraan listrik adalah salah satu langkah penting dalam mengatasi masalah ini. Seiring dengan ambisi global mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) PBB, khususnya tentang Energi Bersih dan Terjangkau, kendaraan listrik telah menjadi fokus utama. Kendaraan listrik dapat menjadi pemimpin revolusi dalam mobilitas berkelanjutan akan dibahas secara menyeluruh dalam artikel ini.

Pergeseran menuju kendaraan listrik bertujuan utama untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan pencemaran udara. Dengan mengandalkan listrik sebagai sumber daya, kendaraan ini tidak hanya mengurangi emisi saat beroperasi, tetapi juga membantu menanggulangi masalah krisis iklim global. Upaya ini selaras dengan komitmen global untuk mengurangi dampak buruk perubahan iklim.

Keberlanjutan energi terkait erat dengan keberlanjutan transportasi. Dengan memanfaatkan energi terbarukan, penggunaan kendaraan listrik membantu diversifikasi sumber energi. Ini membuka jalan bagi inovasi teknologi baru dan menurunkan ketergantungan kita pada bahan bakar fosil. Metode ini memungkinkan kita untuk mencapai energi yang bersih dan terjangkau sekaligus melakukan tindakan terhadap perubahan iklim.

Salah satu hambatan utama menuju mobilitas berkelanjutan adalah aksesibilitas transportasi yang terjangkau. Solusi yang menjanjikan adalah kendaraan listrik karena biaya operasional dan pemeliharaan yang lebih rendah. Hal ini terutama relevan untuk mendukung pembangunan kota dan pemukiman berkelanjutan dengan memberikan transportasi murah bagi semua orang.

https://atonergi.com/kendaraan-listrik-vs-kendaraan-konvensional/Input sumber gambar
https://atonergi.com/kendaraan-listrik-vs-kendaraan-konvensional/Input sumber gambar

Pengembangan teknologi kendaraan listrik menciptakan lingkungan inovatif dan berdampak positif pada perekonomian. Industri, Inovasi, dan Infrastruktur juga bisa mendapat dukungan signifikan melalui pertumbuhan industri kendaraan listrik. Investasi dalam riset dan pengembangan teknologi ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru, memacu pertumbuhan ekonomi, dan mempercepat transisi menuju ekonomi berbasis rendah karbon.

Meskipun keuntungan besar, tantangan utama adalah kurangnya infrastruktur pengisian listrik. Untuk memastikan adopsi kendaraan listrik berhasil, pembangunan infrastruktur yang memadai sangat penting. Dengan menargetkan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, investasi dalam infrastruktur pengisian listrik dapat menciptakan peluang baru.

Kendaraan listrik bukan hanya kendaraan masa depan; mereka adalah solusi penting untuk masa depan yang berkelanjutan. Penyebaran kendaraan listrik sebagai cara transportasi yang lebih berkelanjutan telah menghasilkan banyak keuntungan, dengan fokus pada energi bersih dan terjangkau. Inisiatif global dan kerjasama antar pemerintah, perusahaan, dan masyarakat akan menjadi kunci dalam mewujudkan perubahan ini dan menciptakan dunia yang lebih bersih dan berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun