Mohon tunggu...
Genoveva SekarJemparing
Genoveva SekarJemparing Mohon Tunggu... Penulis lepas yang masih belajar sembari berkelakar

Halo, salam kenal ! Nama saya sudah tertera, setelahnya terserah anda ingin memanggil saya dengan kata yang mana. Genoveva, Sekar, atau Jemparing. Itu tidak terlalu penting. Terlebih penting, silahkan membaca sejenak hasil pemikiran di larut malam saya. Dengan harap-harap cemas, saya tunggu kritik, saran, atau respon Anda. Sampai berjumpa di dunia nyata dari saya yang sangat suka musik, alam terbuka dan senja.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Tidak Berlomba "Siapa Paling Berguna" namun Saling Melengkapi Informasi dalam Sebuah Konten Jurnalisme Multimedia

25 Februari 2021   09:51 Diperbarui: 25 Februari 2021   09:58 67 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tidak Berlomba "Siapa Paling Berguna" namun Saling Melengkapi Informasi dalam Sebuah Konten Jurnalisme Multimedia
Depositphotos

Ketika membuka sebuah konten berita atau informasi, kita tidak hanya disuguhkan tulisan berbaris-baris. Ada ilustrai gambar, video, atau bahkan animasi. Bukan mengandung informasi yang sama, namun berbeda. Saling melengkapi agar kita audiensnya lebih memahami.

Jurnalisme Multimedia identik dengan keberagaman media dalam satu konten. Dalam satu konten berita atau informasi ada beberapa bentuk di dalamnya. Mungkin anda sudah tidak asing dengan jurnalisme yang sedang naik daun ini.

Ibaratnya tiap media adalah bahan-bahan memasak opor. Ayam tidak bertanding dengan kunyit dan bawang. Namun mereka saling melengkapi satu sama lain. Apa jadinya opor tanpa ayam? Apa lagi tanpa kunyit.

Kompasiana.com
Kompasiana.com

Paling tidak, ketika anda menjumpai tiga macam media di dalam satu konten, maka anda sedang mengonsumsi Jurnalisme Multimedia. Mudahnya, sebuah teks sebagai dasar, didukung ilustrasi gambar, dan dimeriahkan dengan video atau animasi.

Untuk anda yang masih bingung, tulisan ini merupakan tulisan Jurnalisme Multimedia. Tulisan ini teks, ada suara melalui podcast, dan infografis yang tersambung juga.

Penjabaran di bawah, semoga bisa semakin memperjelas. Seakrab apa anda dengan Jurnalisme Multimedia dan elemen di dalamnya.

6 Elemen Media, Walau Berbeda Namun Tetap Satu Jua

Elemen multimedia cukup beragam. Kali ini, anda akan disuguhkan dengan 6 elemen yang bisa ditemukan dalam jurnalisme multimedia.

Menurut Sarjono (2017) elemen multimedia terdiri dari lima elemen. Sedangkan menurut Deuze (2003), elemen multimedia terdiri dari lima elemen namun berbeda ragamnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN