Mohon tunggu...
Gelar S. Ramdhani
Gelar S. Ramdhani Mohon Tunggu...

Mari berkunjung ke website pribadi saya www.gelarsramdhani.com

Selanjutnya

Tutup

Digital

PSMKGI Menggelar Acara di Unsoed Purwokerto

11 Maret 2012   06:14 Diperbarui: 9 Agustus 2018   22:20 338 0 1 Mohon Tunggu...

Oleh: Gelar S. Ramdhani

Bulan Maret tahun 2012 ini merupakan suatu bulan yang paling bersejarah bagi Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Mengapa dikatakan sebagai bulan yang bersejarah? karena pada bulan Maret 2012 inilah tepatnya dari mulai tanggal 6 sampai dengan tanggal 10, Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Soedirman didaulat sebagai tuan rumah kegiatan Pra Musyawarah Nasional XII Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI), dan kegiatan pengabdian masyarakat yang bernama "Senyum Luar Biasa" yang masih satu rangkaian kegiatan PSMKGI.

Kegiatan yang bertajuk "Dentistry For Smile" yang diketuai oleh saudara Mahindra Awwaludin Romdlon (Mahasiswa Kedokteran Gigi Unsoed, angkatan 2008) ini  dibuka secara langsung oleh Pembantu Rektor III Unsoed yakni Prof. Dr. Imam Santosa, M.Si. pada tanggal 6 Maret 2012 di Auditorium gedung Roedhiro Fakultas Ekonomi Unsoed, dihadiri pula oleh jajaran pejabat kampus Unsoed.


Pembantu Rektor II Unsoed, sedang memukul gong pembukaan DFS

Para delegasi dari berbagai institusi Kedokteran Gigi di Indonesia diantaranya Universitas Sumatera Utara, Universitas Sriwijaya, Universitas Indonesia, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Universitas Trisakti, Universitas Padjadjaran, Universitas Jenderal Achmad Yani, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Institut Ilmu Kesehatan Kediri, Universitas Hang Tuah, Universitas Negeri Jember, Universitas Mahasaraswati, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Hasanuddin. Setelah mengikuti opening ceremony di kampus Unsoed langsung menuju tempat berlangsungnya kegiatan Pra Musyawarah Nasional PSMKGI XII di Hotel Prima Baturraden .

Selama 2 hari yakni dari tanggal 6 sampai dengan 7 Maret para delegasi mengikuti rapat Pra Munas XII PSMKGI dengan baik dan tertib, perbedaan ketika berjalannya diskusi semamkin membuat dinamika PSMKGI semakin terasa, dan perbedaan pendapat tersebut suatu indikator bahwa sumber daya manusia (SDM) PSMKGI sudah cukup matang dalam mengikuti orbit dinamika berorganisasi. Rapat tersebut dalam rangka mengevaluasi tengah kepengurusan PSMKGI (Periode 2010 - 2012) dibawah nahkoda Khoirul Anam, S.KG sebagai Sekretaris Jenderal dan Ufo Pramigi, S.KG sebagai Wakil Sekretaris Jenderal. Hasil dari rapat tersebut lahirah beberapa evaluasi dan beberapa rekomendasi untuk Musyawarah Nasional XII PSMKGI Oktober 2012 mendatang yang Insya Allah akan dilaksanakan di Bali, dan Universitas Mahasaraswati (Unmas) sebagai tuan rumahnya. Sebagian besar hasil rapat kemarin adalah membahas mengenai posisi PSMKGI sebagai organisasi mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia, yang mana mempunyai tanggung jawab besar terhadap pembangunan nasional khususnya dalam bidang kesehatan gigi dan mulut.


Kegiatan Senyum Luar Biasa PSMKGI

Pada hari ketiga tepanya tanggal 8 Maret seluruh delegasi bersama sebagian mahasiswa Kedokteran Gigi Unsoed, didampingi oleh staff dosen Kedokteran Gigi Unsoed, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertajuk "Senyum Luar Biasa". Sesuai dengan namanya kegiatan ini sangat luar biasa, karena dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa (SLB). Bukan tanpa alasan PSMKGI memilih SLB sebagai tempat untuk mengabdikan diri, melainkan saat ini keberadaan SLB sangat kurang terperhatikan oleh pemerintah, apalagi kesehatan gigi dan mulutnya itulah alasan PSMKGI memilih SLB. Kegiatan yang dilakukan adalah berupa penyuluhan (dental health education) yang bersifat preventif dan promotif bagi siswa SLB dan para orang tuanya. SLB yang dipilih adalah SLB B Yakut dan SLB C Yakut Purwokerto. "Banyak sekali pelajaran tentang arti kehidupan yang bisa diambil dalam kegiatan Senyum Luar Biasa kemarin" itulah kalimat yang sering diutarakan oleh para delegasi ketika ditanya tentang kesan mengikuti kegiatan tersebut.

Setelah mengikuti kegiatan Senyum luar biasa, para delegasi dari berbagai institusi diajak untuk mengelilingi kota Purwokerto, dan tak lupa diajak pula untuk menikmati sajian kuliner khasu kota Purwokerto yakni soto sokaraja, tempe mendoan, dan gethuk goreng.

Setelah rangkaian Pra Munas XII dan SLB selesai hari keempat (9 Maret 2012) para delegasi mengikuti kegiatan keilmuan yakni dengan mengikuti kegiatan Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Jurusan Kedokteran Gigi Unsoed, kemudian hari terakhir (10 Maret 2012) adalah hari untuk mengakrabkan antar delegasi, pada hari terakhir panitia menyugihkan acara outbound yang bertempat di lokawisata Baturraden, Purwokerto. Kami selaku panitia berharap semoga 5 hari di Purwokerto para delegasi mendapatkan kenangan dan hikmah yang luar biasa, untuk bekal di masa depan nanti sebagai calon dokter gigi yang bermanfaat untuk Bangsa dan Negara Indonesia.

HIDUP MAHASISWA!!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x