Mohon tunggu...
Geger Siska
Geger Siska Mohon Tunggu... Author

🍒 If your dream cann't make you scared, that's not big enough. 🍒

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mengembangkan Potensi Diri dengan Teknologi Pikiran

22 Agustus 2019   03:28 Diperbarui: 22 Agustus 2019   03:36 0 4 2 Mohon Tunggu...
Mengembangkan Potensi Diri dengan Teknologi Pikiran
Sumber foto : www.pituitary.org

Setiap orang pasti dianugerahi potensi yang luar biasa. Namun banyak yang tidak menyadarinya sehingga harus dipancing dan digali hingga akhirnya bisa terlihat dengan jelas. Ada potensi diri yang memang muncul begitu saja, jadi hanya perlu diasah untuk mencapai sebuah impian.

Potensi setiap orang tidak sama, meski untuk beberapa aspek ada pula yang memiliki kesamaan. Semua potensi tersebut tidak akan muncul dengan sempurna jika tidak dikembangkan dengan baik dengan cara yang benar.

Tentunya tidak mudah untuk mencapai semua impian tanpa adanya kerja keras yang konsisten. Anda harus menjadi yang terbaik setiap hari, sehingga saat ada kesempatan datang Anda sudah siap untuk mengambilnya.

Begitu juga dengan potensi diri, harus terus dikembangkan secara maksimal. Berikut 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan potensi diri, antara lain :

1. Mengenali diri sendiri
Banyak orang yang lebih memilih sibuk dengan memperhatikan kelebihan orang lain. Mereka mengagumi kehebatan orang lain yang sudah berhasil mengeluarkan potensinya, hingga tidak menyadari ada potensi yang ada dalam dirinya sendiri yang harus dikeluarkan juga.

Pertama kali yang harus dilakukan seseorang sebelum mengembangkan potensi diri adalah mengenali dirinya sendiri. Anda bisa melihat pada diri sendiri, apa yang paling Anda sukai?

Aktivitas apa yang membuat anda tidak pernah bosan untuk melakukannya, meski Anda sedang dalam kondisi yang tidak baik atau tanpa dibayar. Anda juga bisa menggali apakah mempunyai kemampuan untuk memecahkan sebuah masalah, yang menunjukkan kemampuan leadership yang mumpuni.

2. Keyakinan
Tidak kalah pentingnya dengan faktor sebelumnya, keyakinan merupakan fondasi untuk melakukan apa saja. Anda akan bisa bertindak melakukan sesuatu jika sudah merasa yakin melakukan sesuatu lebih dulu.

Jika kita tidak yakin, maka upaya yangnkita lakukan hanya akan dikerjakan setengah hati. Tanpa adanya kesungguhan maka hasilnya tidak akan pernah maksimal.

3. Selalu berpikir positif
Hindarkan diri Anda dari pikiran negatif, karena pikiran ini hanya akan menjadi penghambat dalam mengembangkan potensi diri. Ketika pikiran negatif masuk sama artinya Anda membiarkan diri kehilangan fokus dan arah.

Tidak hanya itu, Anda juga hanya akan menambah masalah yang akan menghabiskan waktu untuk menyelesaikannya. Energi yang masuk pun lebih maksimal dan bisa Anda gunakan untuk mencapai tujuan.

Cara berpikir positif ini mengingatkan saya pada sebuah sharing bersama Mas Endro S. Effendi tentang teknologi pikiran, bahwa apa yang sudah terekam dalam alam bawah sadar akan diakui kebenarannya. Kemudian akan mempengaruhi perilaku dan tindakan kita.

Mengingat pengaruhnya yang sangat besar, untuk itu sebaiknya pikiran negatif dijaga agar tidak masuk sampai ke alam bawah sadar.

4. Fokus
Disini yang dimaksud dengan fokus berarti Anda hanya melakukan hal-hal yang memang berhubungan dengan target yang ingin dicapai. Pikiran akan menjadi terpusat. Dengan fokus, Anda akan mempunyai komitmen sehingga tidak akan membiarkan berbagai rintangan membuat pikiran dan upaya menyimpang dari tujuan semula.

Jika fokus sudah bekerja maka Anda akan memperhatikan setiap detil dalam upaya mencapai keberhasilan. Fokus ini juga akan mendorong Anda untuk menghasilkan karya besar.

5. Optimis
Sulit rasanya mendapatkan jalan yang selalu mulus dalam hidup. Anda akan selalu menemui hambatan, diperlukan rasa optimis meski hambatan yang dihadapi terasa berat. Sikap optomis akan membantu Anda dalam mengevaluasi setiap kekurangan atau kegagalan. Kemudian Anda akan memperbaikinya dan terus berupaya hingga potensi diri bisa berkembang sesuai dengan harapan.

Potensi diri tidak akan keluar begitu saja, dibutuhkan komitmen yang kuat agar bisa melakukannya dengan konsisten. Selain itu, Anda juga harus memiliki sikap tidak berhenti belajar dan siap menerima kritikan yang masuk dengan hati yang lapang. Jika hal ini bisa Anda lakukan dengan konsisten, maka semua potensi yang ada dalam diri Anda akan berkembang lebih maksimal.