Mohon tunggu...
Gde Ngurah
Gde Ngurah Mohon Tunggu... Penulis

Reading, Writing Your Life

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Implementasi Pembelajaran Berbasis ICT di SMKN 2 Probolinggo

12 Oktober 2019   10:35 Diperbarui: 12 Oktober 2019   10:42 10 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Implementasi Pembelajaran Berbasis ICT di SMKN 2 Probolinggo
Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berbasis ICT Bagi Guru SMKN 2 Probolinggo/dokpri


Pembelajaran abad 21 telah mengalami pergeseran terlebih adanya era disrupsi dimana akan terjadi perubahan masif dalam segala aspek kehidupan termasuk di dunia pendidikan. Digitalisasi sistem pendidikan dan pola pembelajaran berbasis ICT akan menjadi kebutuhan generasi melinial. 

Kelas berupa  ruang-ruang maya yang lebih partisipatif, kreatif, beragam, multimedia, dan bersifat menyeluruh, menjadi suatu keharusan. Fungsi guru akan berubah namun kehadirannya masih tetap diperlukan, sehingga upaya pengembangan profesi tetap penting diupayakan untuk menjawab tantangan abad 21. Oleh karena itu guru perlu paham dan melek ICT, sehingga mampu  melakukan kontekstualisasi informasi dalam pembelajaran.       

Berdasarkan hasil pengamatan lapangan dan penelusuran beberapa hasil penelitian,  nampak bahwa sebagian besar guru masih terbiasa menerapkan model-model pembelajaran konvensonal. 

Melihat kenyataan masih rendahnya kompetensi sebagian besar guru-guru SMK terhadap penerapan pembelajaran berbasis ICT maka SMKN 2 Probolinggo bersama LP2M Universiats Negeri Malang  (UM) mengadakan pelatihan dan praktik penerapan Pembelajaran Berbasis ICT. 

Kegiatan ini didanai langsung melalui anggaran PNBP UM 2019, dengan ketua Pelaksana kegiatan Drs. Sugiyanto S.T., M.T., anggota pelaksana Drs. Suparno, S.T., M.T dan Dr. Isnandar, M.T

Tempat  pelaksanaan pelatihan adalah di  SMKN 2 Probolinggo, khalayak sasaran kegiatan ini 95 orang guru dari 7 program keahlian yang ada. Sedangkan materi yang diberikan meliputi  (l)  hakekat metode pembelajaran berbasis ICT, (2) model model  pembelajaran pembelajaran berbasis ICT (3) perancangan metode berbasis ICT, (4) prosedur pelaksanaan  metode pembelajaran berbasis ICT  di kelas, (4) evaluasi pembelajaran dalam metode pembelajaran berbasis ICT. 

Penyampaian materi pelatihan menggunakan dua jenis penyampaian yaitu (l) penyampaian secara online. Penyampaian materi online  berupa sajian materi berupa konsep pembelajaran berbasis ICT disertai tugas-tugas. 

Penyampaian secara tatap muka berupa: presentasi materi, diskusi dan tugas-tugas lapangan. Kegiatan pelatihan tatap muka dilaksanakan tgl 15 Juli  2019 sedangkan pelatihan online dilaksanakan mulai pertengahan Juli  2019 sampai dengan pertengahan Oktober 2019.

Kepala Sekolah SMKN 2 Probolingo Drs. Sunardi M.Pd  mengharapkan dengan adanya kegiatan ini terjadi  peningkatan  pengetahuan dan ketrampilan guru  dalam merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis ICT pada pelaksanaan pembelajaran. Hal ini akan  berdampak langsung pada peningkatan kualitas lulusan dalam menghadapi era industri 4.0.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x