Mohon tunggu...
Rabudin Ramli
Rabudin Ramli Mohon Tunggu... Rara

RaRa Kepies Gayo

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Universitas Terbuka UPBJJ Banda Aceh Jaring Calon Mahasiswa Pascasarjana di SMAN 1 Blangkejeren

22 November 2020   23:30 Diperbarui: 23 November 2020   00:21 30 1 0 Mohon Tunggu...

Dalam rangka meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia di Kabupaten Gayo Lues Universitas Terbuka Unit Banda Aceh Melakukan penjaringan Calon Mahasiswa Pasca Sarjana di SMAN 1 Blangkejeren. Calon mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 32 orang yang sudah melakukan proses pendaftaran secara online beberapa bulan yang lalu. Pihak UT UPBJJ Banda Aceh juga sudah melaksanakan koordinasi dengan Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru tentang tujuan UT membuka kesempatan bagi para PNS untuk meningkatkan kualitas Kompetensi didalam menunjang kinerja di masa yang akan datang.

Bupati Gayo Lues mendukung program yang akan dilaksanakan tersebut demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia kearah yang lebih baik sehingga akan meningkatkan intelegensi serta daya saing yang lebih baik dimasa yang akan datang pungkasnya, disamping itu pihak UT juga  melakukan sosialisasi kepada para calon mahasiswa yang hampir semua berlatar belakang sebagai PNS di aula BKPSDM Kabupaten Gayo Lues pada tanggal 20 September 2020 yang lalu dengan meningkatkan jenjang pendidikan atau level pendidikan tentunya akan berimplikasi juga kepada kemampuan mengelola sebuah organisasi didalam mencapai tujuan, serta untuk mewujudkan peningkatan kualitas SDM di Kabupaten Gayo Lues yang dikategorikan masih sangat kurang.

Pihak UT juga menyampaikan bahwa untuk kelas Gayo Lues akan dilakukan sistem perkuliahan reguler disamping penyampaian materi kuliah melalui daring, modul serta juga akan diberikan perkuliahan secara tatap muka yang akan difasilitasi atau dibimbing oleh para dosen tetap UT yang salah satunya adalah DR. Edi Putra Kelana, M.Pd.,M.AP yang turut hadir pada kegiatan sosialisasi tersebut.

Penyelenggaraan Ujian tes masuk yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia ini merupakan schedulle tetap pihak UT yang pelaksanaannya harus menggunakan jaringan Internet karena sistem ujian yang online. Pada kegiatan ini juga DR. Edi Putra Kelana, M.Pd.,M.AP turut hadir mengawal proses penjaringan. 

dokpri
dokpri
Para peserta yang mengikuti seleksi terlihat sangat antusias dan serius, salah seorang peserta yang coba kami konfirmasi Suryadi, ST salah seorang kabid di BPBD Gayo Lues menyebutkan bahwa kesempatan ini merupakan suatu kesempatan yang sangat berharga bagi kami calon mahasiswa, karena selama ini banyak teman-teman yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S2 atau S3 tetapi terhambat dengan regulasi yang mengikat tentang sistem atau teknis pemberian ijin belajar, sehingga kesempatan yang diberikan oleh pihak UT UPBJJ Banda Aceh ini merupakan kesempatan emas bagi kami untuk mengembangkan kompetensi dan meningkatkan status pendidikan kejenjang yang lebih tinggi ujarnya.

dokpri
dokpri
Salah seorang Tutor atau Dosen di UT DR. Edi Putra Kelana, M.Pd.,M.AP  menyampaikan bahwa didaerah lain sudah banyak mahasiswa yang menyelesaikan program pendidikan Pascasarjana terutama untuk jurusan M.AP seperti di Takengon yang sudah mewisuda 2 angkatan, serta di lhokseumawe. Artinya apa bahwa kuliah di UT tidak sesulit yang dibayangkan selama ini tergantung keseriusan mahasiswa mengikuti semua proses yang ada, disamping itu dengan adanya sistem tatap muka dengan tutor maka terbuka kesempatan untuk berkoordinasi dan berkonsultasi tentang kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa didalam proses pembelajaran nantinya. Semoga dengan lahirnya magister M.AP di Gayo Lues ini akan memberikan dampak terhadap peningkatan pengelolaan dan pelayan publik yang lebih baik pungkasnya.

Ujian masuk atau tes UT dilaksanakan 0ada hari Sabtu 21 November 2020 dimulai jam 08.00 wib hingga pukul.15.00 Wib dengan tiga tahapan uji coba yang terdiri dari tes TPDA, Tes Bahasa Inggris serta Tes subtansi Administrasi Publik. Para peserta berharap pada penjaringan calon mahasiswa kali ini  mereka dapat semua lulus sehingga kesempatan emas ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Kontributor Gayo Lues melaporkan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x