Mohon tunggu...
GawaiKita
GawaiKita Mohon Tunggu... Service Laptop Kota Bandung

GawaiKita, solusi perbaikan Laptopmu!

Selanjutnya

Tutup

Digital

Cara Mengatasi Laptop Bluescreen

3 Mei 2021   12:25 Diperbarui: 3 Mei 2021   12:38 86 1 0 Mohon Tunggu...

Laptopmu tiba-tiba nge-hang, merestart sendiri atau muncul layar biru? Berarti laptopmu mengalami blue screen. Hal ini biasanya disebabkan oleh sistem operasi yang crash atau rusak karena driver yang terinstall tidak benar atau terdapat malware dalam sistem. Jika mengalami hal ini kamu tidak perlu panik, karena kamu bisa melakukan pertolongan pertama untuk laptopmu. Berikut tips dan trik untuk mengatasi laptop blue screen.

  1. System restore

System restore adalah cara untuk mengembalikan pengaturan laptop dalam keadaan semula. Untuk melakukan system restore kamu bisa mengunjungi link {link artikel system restore} sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan.

  1. Scan malware

Malware merupakan perangkat lunak yang diciptakan dengan tujuan untuk memasuki dan terkadang merusak sistem komputer maupun jaringan dalam sehari hari kita sering menyebutnya sebagai virus malware. Sebuah malware dapat masuk kedalam sistem secara mendalam. Jika malware tersebut sudah masuk kedalam sistem yang paling terdalam, maka akan menyebabkan sistem tidak stabil lalu blue screen. Untuk mengatasi malware tersebut, kamu dapat menggunakan scan antivirus untuk malware. Saat ini sudah banyak antivirus gratis yang dapat kamu download dan gunakan untuk membasmi virus Malware ini.

  1. Boot ke safe mode

Cara kedua untuk menangani bluescreen adalah dengan booting ke safe mode laptop. Pertama, kamu dapat me-restart laptopmu, saat akan masuk kedalam windows, kemudian tekan tombol F8 atau dengan menekan tombol Windows + R. Setelah masuk kedalam Safe Mode, kamu bisa mengambil driver yang penting saja dan juga bisa uninstall driver yang menjadi penyebab blue screen pada laptop mu.

  1. Periksa masalah hardware

Hardware yang bermasalah menjadi salah satu penyebab terjadinya Blue Screen. Untuk mengatasinya kamu dapat memeriksa masalah hardware dengan cara ketik 'Memory Diagnostics Tool' pada Start Menu. Pada menu tersebut kamu bisa melihat kondisi hardware laptopmu. Jika ada yang bermasalah, kamu dapat memperbaikinya dengan jasa service laptop.

  1. Install ulang windows

Jika seluruh cara diatas telah dilakukan namun masih belum berhasil, kamu dapat melakukan install ulang laptop, hal ini dilakukan untuk me-reset seluruh settingan pada kondisi awal laptopmu.

VIDEO PILIHAN