Mohon tunggu...
Gatot Tri
Gatot Tri Mohon Tunggu... Swasta

life through a lens.. = Selalu patuhi protokol kesehatan selama pandemi COVID-19. Salam sehat selalu! =

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Film "1917" Terbaik di Golden Globe, Film Perang Jadi Tradisi Penutup Dekade?

9 Januari 2020   13:40 Diperbarui: 11 Januari 2020   10:23 812 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Film "1917" Terbaik di Golden Globe, Film Perang Jadi Tradisi Penutup Dekade?
Ilustrasi film 1917 (IMDb) via Kompas.com

Ajang penghargaan insan hiburan film, televisi dan layanan streaming, Golden Globe Awards 2020 usai sudah. Even yang digelar tanggal 6 Januari 2020 itu memberikan penghargaan film bergenre war atau perang "1917" sebagai Film Terbaik di kategori Drama. Sedangkan "Once Upon a Time in Hollywood" di kategori Film Musik atau Komedi.

Jujur saya kurang begitu antusias dengan ajang Golden Globe Awards. Di perhelatan tahun ini, saya juga kurang familiar dengan judul-judul flm yang dinominasikan. Untuk kategori Drama, saya hanya mengenal film "Joker", dan sah-sah saja bila saya menjagokan film tersebut sebagai yang terbaik.

Tetapi ternyata film tersebut kandas oleh film "1917" yang belum dirilis sama sekali di bioskop. Laman IMDb.com menginformasikan bahwa film "1917" premiere di Indonesia tanggal 25 Desember 2019. Namun ketika saya cek di laman sebuah jaringan bioskop tanah air, film tersebut dijadwalkan tayang tanggal 20 Januari 2020 nanti.

Salah satu adegan film
Salah satu adegan film
Sebagai informasi, Golden Globe adalah salah satu barometer utama Academy Awards dimana daftar nominasi ataupun pemenang ajang ini punya kans besar untuk masuk dalam daftar nominasi atau pemenang piala Oscar. Bisa jadi film "1917" akan berbicara banyak di Academy Awards 2020.

Tetapi sepertinya kemenangan film "1917" di Golden Globe 2020 sudah diamini dan menjadi bagian dari tradisi di setiap penghujung dekade, dimana film bertema perang hampir selalu menjadi Film Terbaik.

Pada awalnya saya tidak begitu mempercayainya, tetapi setelah saya melihat kembali daftar Film Terbaik di perhelatan Golden Globe dan Academy Awards di tahun-tahun sebelumnya, saya jadi meyakininya. Baiklah mari kita sama-sama membedahnya.

Tradisi film perang sebagai film penutup dekade di Golden Globe (dan Academy Awards)?
Film bergenre perang adalah salah satu genre film favorit saya. Saya selalu antusias dengan film bergenre perang yang tayang di bioskop atau di televisi.

Bagi saya film perang memberikan paket lengkap, ya dramanya, ya aksi laga serunya, thriller-nya, kadang juga ada romantisnya (khusus film romantis berlatar perang).

Belakangan ada genre baru dimana genre perang di-mix dengan horor, misalnya film "Overlord" (2018) yang mengangkat tema tentang tentara zombie. Hal ini lumrah-lumrah saja. Sebagaimana film genre lainnya, film perang juga mesti berinovasi.

Nah, ada yang menarik ketika saya mengamati daftar pemenang Film Terbaik Golden Globe kategori Drama. Film bertema perang hampir selalu menjadi film terbaik penutup dekade setidaknya selama 40 tahun terakhir.

Diawali tahun 1979 lalu, film tentang perang Vietnam "Apocalypse Now" karya Francis Ford Coppola menjadi salah satu nominasi Film Terbaik "Golden Globe". Film ini juga menjadi salah satu dari lima film terbaik di Academy Awards 1979.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x