Mohon tunggu...
Gatot Tri
Gatot Tri Mohon Tunggu... Swasta

life through a lens.. = Selalu patuhi protokol kesehatan selama pandemi COVID-19. Salam sehat selalu! =

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Wimbledon 2019 Dimulai, Beberapa Catatan dan Prediksi Juara

3 Juli 2019   12:33 Diperbarui: 3 Juli 2019   18:57 249 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wimbledon 2019 Dimulai, Beberapa Catatan dan Prediksi Juara
Logo Wimbledon (sumber: EveningStandard)

Turnamen tenis grand slam Wimbledon (WIM) 2019 telah dimulai. Turnamen tenis akbar tertua itu digelar di arena All England Club atau lebih lengkapnya All England Lawn Tennis & Croquet Club (AELTC), London. Tahun 2019 ini merupakan penyelenggaraan yang ke-133 sejak digelar pertama kalinya di tahun 1877.

WIM 2019 digelar mulai tanggal 24 Juni hingga 14 Juli 2019. Babak kualifikasi diadakan pada 24 hingga 30 Juni, sementara babak utama digelar mulai 1 hingga 14 Juli. Terdapat 18 nomor yang akan dipertandingkan, yaitu lima nomor babak utama, empat nomor level junior, enam nomor tenis kursi roda dan tiga nomor eksibisi untuk petenis berdasarkan undangan, biasanya petenis yang sudah mundur atau pensiun dari tenis profesional.

Tahun ini sejumlah petenis unggulan terpaksa tidak dapat mengikuti karena cedera. Di tunggal putra, Juan Martin del Potro dari Argentina,peringkat 11 ATP, sempat masuk dalam daftar unggulan namun menarik diri beberapa saat sebelum turnamen dimulai. Del Potro baru saja menjalani operasi lutut kanannya di Barcelona, tepatnya di bulan Juni lalu. Saat ini sedang dalam proses pemulihan.

Petenis Kroasia, Borna Coric yang telah tercatat sebagai unggulan ke-14, juga tidak dapat tampil karena mengalami cedera punggung, Di turnamen pemanasan Wimbledon, Halle Open, di bulan Juni lalu, ia terpaksa mengundurkan diri di babak perempat final karena cedera.

Di tunggal putri, petenis muda Kanada, Bianca Andreescu, juga terpaksa absen karena cedera pundak kanannya masih belum pulih sejak mengikuti turnamen French Open (Roland Garros atau RG) 2019 lalu.

Arena All England Club (sumber: Essentially Sports)
Arena All England Club (sumber: Essentially Sports)

Tentang arena AELTC yang dipakai untuk Wimbledon, kini di lapangan Nomor 1 telah dipasang retractable roof atau atap yang dapat menutup dan membuka. Sebelumnya, lapangan utama atau Center Court sudah terlebih dahulu punya fasilitas itu. Atap tersebut dapat membantu mengantisipasi bila hujan turun atau sinar matahari menyengat sehingga pertandingan akan tetap berjalan sesuai jadwal.

Melihat kondisi cuaca Inggris saat ini, sebetulnya musim hujan sudah berlalu. Saat ini Inggris malah mengalami musim panas. Bahkan kota London sempat mengalami dampak gelombang panas yang puncaknya terjadi minggu lalu. Menurut Weather.com, suhu kota London diperkirakan akan cukup sejuk, berkisar 22 hingga 26 derajat Celsius di siang hari dan 12-14 derajat Celsius kala malam hari.

Kejutan besar di babak pertama
Pada Di babak pertama yang belangsung tanggal 1 hingga 2 Juli kemarin, sejumlah kejutan mewarnai babak pertama. Di tunggal pria, unggulan ke-5 dan finalis RG 2019, Dominic Thiem dari Austria harus pulang lebih awal. Ia dikalahkan petenis bukan unggulan dari Amerika Serikat (AS), Sam Querrey dengan angka 6-7(4-7), 7-6(7-1), 6-3, 6-0.  Lapangan rumput memang bukan dunia Thiem. Querrey sendiri merupakan semifinalis WIM 2017 lalu.

Berikutnya adalah unggulan ke-6, Alexander Zverev dari Rusia, yang kandas di tangan petenis bukan unggulan lainnya bernama Jiri Vesely dari Ceko. Vesely yang saat ini berada di peringkat 124 ATP menang dengan angka 4-6, 6-3, 6-2, 7-5.

Ini merupakan catatan terburuk yang dialami oleh Zverev selama ia mengikuti Wimbledon. Sejak mengikuti WIM tahun 2015 lalu, meski bukan pemain spesialis lapangan rumput, ia tidak pernah kalah di babak pertama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
VIDEO PILIHAN