Mohon tunggu...
Gatot Tri
Gatot Tri Mohon Tunggu... Swasta

life through a lens..

Selanjutnya

Tutup

Musik Artikel Utama

"The Imperial" dari The Delines adalah Sebuah Suvenir Persahabatan

12 Februari 2019   12:40 Diperbarui: 12 Februari 2019   13:42 0 6 1 Mohon Tunggu...
"The Imperial" dari The Delines adalah Sebuah Suvenir Persahabatan
The Delines (sumber ilustrasi: irishnews.com)

Band country alternatif, The Delines, merilis album ketiga mereka yang berjudul "The Imperial". Album ini tidak hanya menunjukkan eksistensi band semata, tetapi juga sebagai suvenir persahabatan diantara para personilnya.

Usai menikmati sukses album pertama mereka yang berjudul "Colfax", vokalis Amy Boones mengalami kecelakaan hebat pada Maret 2016 silam di kota Austin, Texas, ketika sedang berjalan di trotoar. 

Kedua kakinya patah dan ia harus menjalani serangkaian operasi, membuatnya harus istirahat sekitar satu tahun lamanya. Hal itu sangat mempengaruhi kondisi psikologisnya, termasuk rasa khawatir akan kondisi finansialnya.

Namun para personil band asal Portland, Oegon, AS itu tidak lantas menggantinya dengan vokalis baru. Mereka mendatangi Boone untuk menguatkannya. 

Salah satu anggota band, Willy Vlautin, menulis sejumlah lirik lagu yang terinspirasi dari kondisi Boone. Vlautin adalah mantan vokalis band country alternatif, Richmond Fontaine.

Hari-hari Boone pun lantas diisi dengan menyanyikan lagu-lagu yang kelak akan menjadi materi album The Delines berikutnya. Beberapa waktu kemudian, Boone dapat kembali beraktivitas dan misi merampungkan album pun segera dituntaskan. Pada akhirnya The Imperial" resmi dirilis pada 11 Januari 2019 di bawah label Decor.

"The Imperial" yang memuat sepuluh lagu ini pada dasarnya adalah album musik country tetapi berbeda. Ada lagu yang soulful, yang nge-pop, juga kadang ada balutan rock. Campur-campur. 

Oleh karena itu album ini lebih tepat disebut sebagai country alternatif. Tetapi bila menyebut aliran musik mereka, sebenarnya mereka lebih senang disebut sebagai band retro country.

The Delines terdiri dari para musisi senior berbakat yang sepakat membentuk band ini pada tahun 2012 lalu. Beberapa dari mereka sebelumnya adalah personil di band lain atau sebagai tim. Boone (vokal dan gitar) pernah terlibat dalam album Richmond Fountaine. Lalu Cory Gray yang khusus bermain keyboard dan terompet.

Tucker Jackson, mantan tim band pop/rock Minus 5 bertugas membetot gitar pedal steel, Sean Oldham (perkusi, vokal), lalu Freddy Trujillo yang bertugas memainkan gitar bass dan vokal. Vlautin sendiri fokus pada gitar dan vokal, sementara John Askew bermain gitar bariton.

Semua lirik lagu dalam album ini ditulis oleh Vlautin. Ia juga dulunya kerap menulis lagu untuk band Richmond Fountaine. Sekadar informasi, Vlautin juga seorang penulis novel sukses yang telah menulis lima novel berjudul "The Motel Life", "Northline", "Lean on Pete", "The Free" dan "Don't Skip Out on Me". Novel "The Motel Life' bahkan sudah diangkat ke layar di tahun 2012 lalu. Novel "Lean on Pete" juga kabarnya akan segera tayang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x