Mohon tunggu...
garis miring
garis miring Mohon Tunggu... Saat Garis miring menjadi penting

penulis yang menulis

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Panitia Besar Pastikan PON ke-XX di Papua Siap Digelar

22 November 2019   13:19 Diperbarui: 22 November 2019   13:36 91 0 0 Mohon Tunggu...


Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang akan digelar di Papua dipastikan akan berjalan aman dan sesuai jadwal yang ditetapkan. Hal ini dipastikan oleh Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX/2020 Papua.

Mereka menjamin Bumi Cenderawasih siap menggelar pesta olahraga multievent terbesar di Indonesia ini. Sebab, panitia telah memastikan bahwa sebagian besar sarana telah siap, hingga pada April 2020 mendatang sudah terselesaikan seluruhnya.

PON ini akan mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin, dan 679 nomor pertandingan. Tak hanya sebagai sebuah pesta olahraga, PON juga diharapkan memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Pelaksanaan PON XX itu nanti akan digelar di empat cluster, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Marauke. Semua cluster itu dipastikan siap.

Dari segi keamanan, panitia PON juga sudah mendapat jaminan dari seluruh personil Kodam XVII/Cendrawasih yang berkolaborasi dengan Polda Papua. Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke akan aman, sehingga tidak ada lagi kekhawatiran PON akan di mana.

PB PON XX/2020 juga turut meluncurkan dua maskot PON XX/2020, yaitu Drawa dan Kangpho yang merepresentasikan fauna khas provinsi paling timur Indonesia tersebut.

Drawa sendiri merupakan burung Cendrawasih. Sedangkan Kangpho merupakan sejenis kanguru pohon yang selama ini hanya ada di Papua.

Kita sangat berharap PON di Papua ini bisa berhasil, sukses, dan aman. Hal ini akan menjadi kebanggan kita bersama, bangsa Indonesia.

VIDEO PILIHAN