Mohon tunggu...
Gapey Sandy
Gapey Sandy Mohon Tunggu... Penulis - Kompasianer

Peraih BEST IN CITIZEN JOURNALISM 2015 AWARD dari KOMPASIANA ** Penggemar Nasi Pecel ** BLOG: gapeysandy.wordpress.com ** EMAIL: gapeysandy@gmail.com ** TWITTER: @Gaper_Fadli ** IG: r_fadli

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Pengalaman Naik Bus Tanpa Sopir

3 September 2022   20:02 Diperbarui: 14 September 2022   22:06 302 16 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Naik Navya Arma, autonomous electric vehicle atau kendaraan listrik tanpa awak, Kamis (1/9/2022). (Foto: Gapey Sandy)

Perasaannya "uwu-uwu" banget, naik mini bus tanpa pakai sopir. Yup! Ini pengalaman pertama saya naik autonomous electric vehicle atau kendaraan listrik tanpa awak. Saya keliling The Breeze, BSD City. Merasakan sendiri bagaimana sensasi "cihui" laju mini bus yang diberi nama Navya Arma ini.

Lantas, apa saja kehebatan Navya? Bagaimana pula sensasi naik Navya?

Pertama, saat melihat, menyentuh dan menaiki Navya, saya merasakan aura kendaraan berteknologi tinggi (high tech), very modern looking dan made with modern materials. Ciamik!

Lihat saja. Navya -- yang didominasi cat warna biru -- punya dua wajah eksterior yang sama, muka depan maupun belakangnya.

Penampilan Nava imut dan futuristik. Di sisi atap, ada dua kotak lumayan besar warna putih. Itulah kotak console Global Positioning System (GPS), yang mengoperasikan secara otomatis arah dan rute lokasi yang hendak dituju Navya.

Di atas atap Navya Arma terletak console GPS warna kotak putih. (Foto: Gapey Sandy)
Di atas atap Navya Arma terletak console GPS warna kotak putih. (Foto: Gapey Sandy)

Selain GPS, di beberapa bagian body Navya ditanam yang namanya LIDAR atau Light Detection and Ranging. Jumlahnya ada 6, yaitu 2 di belakang, 2 di depan dan 2 di samping. Fungsi LIDAR? Nah, inilah yang bikin kenapa Navya saya sebut sangat futuristik! Karena dengan LIDAR, Navya bisa mengetahui ada obyek apa-apa saja di sekelilingnya, dan secara komando digital yang real time akan langsung merespon semua itu demi mencegah terjadinya tabrakan.

LIDAR merupakan teknologi peraba jarak jauh optik yang mengukur properti cahaya yang tersebar untuk menemukan jarak dan juga informasi lain dari target yang jauh.

Spesifikasi Navya. (Sumber: landtransportguru.net)
Spesifikasi Navya. (Sumber: landtransportguru.net)

Berkat LIDAR inilah, Navya bisa mengetahui, misalnya ada mobil atau motor lain yang menyalipnya. Otomatis, LIDAR menyensor setiap pergerakan "apapun" di sekitar Navya, untuk kemudian dilanjutkan dengan misalnya, pengurangan kecepatan atau pengereman. Sesudah obyek melintas yang ada di sekeliling luar Navya menjauh dari "rabaan jarak" maka Navya pun dengan otomatis tanpa gas lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan