Mohon tunggu...
Gapey Sandy
Gapey Sandy Mohon Tunggu... Blogger

Peraih BEST IN CITIZEN JOURNALISM 2015 AWARD dari KOMPASIANA ** Penggemar Nasi Pecel ** BLOG: gapeysandy.wordpress.com ** EMAIL: gapeysandy@gmail.com ** TWITTER: @Gaper_Fadli ** IG: r_fadli

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Kenapa Pengguna Datsun Sebut Dirinya ‘Riser’? #6

19 Januari 2016   18:48 Diperbarui: 20 Januari 2016   06:14 886 3 3 Mohon Tunggu...

Riser atau risers. Dua kata yang semakin tidak asing, minimal di blog bergengsi Kompasiana ini. Maklum, event Datsun Risers Expedition (DRE) – Kalimantan (Gelombang III : Etape 1 – 3) sedang bergulir. Praktis, banyak tulisan reportase terkait pelaksanaan DRE tersebut, yang pada gilirannya menukil kata “riser” atau “risers”. Sebelumnya pun, kalau pembaca masih ingat, ada dua event lain yang digelar Datsun Indonesia dengan mengajak Kompasiana berkolaborasi.

Ya, kata risers semakin akrab dengan para pengguna Datsun. Lantas apa makna “risers”?

Menurut kamus, riser berarti a person who rises. Sedangkan rise itu sendiri antara lain bermakna move upward, increase in value or to a higher point. Jelas ya, riser atau risers memiliki konotasi positif, setidaknya mengartikan orang yang selalu ingin maju dan meraih masa depan lebih baik bila dibandingkan dengan masa kini.

(Indriani Hadiwidjaja, Head of Datsun Indonesia. || Foto: Gapey Sandy)

Dalam satu kesempatan wawancara eksklusif dengan penulis bersama ‘Tim Risers 5 : GAS Poll Borneo’ di dermaga Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (14 Januari 2016), Indriani Hadiwidjaja selaku Head of Datsun Indonesia PT Nissan Motor Indonesia mengartikan risers sebagai konsumen Datsun yang merupakan orang-orang dengan tekad ingin selalu meraih rising up.  

“Sebetulnya risers itu kita tujukan kepada konsumen kita. Karena kita melihat mereka adalah orang-orang yang menggeluti bisnis dan mereka ingin mendapatkan masa depan yang lebih baik lagi dibandingkan hari kemarin. They are rising, rising to the top. They are rising up dari current condition into the future condition yang lebih baik. Jadi, kebanyakan konsumen kita adalah mereka yang beralih dari menggunakan sepeda motor ke mobil. Terutama dengan adanya produk Datsun maka kita dapat memberikan akses buat mereka untuk mencapai hari esok yang lebih cerah,” jelas Indri yang memang sejak kecil sudah gemar dunia otomotif.

Indriani menambahkan, kata riser atau risers akhirnya menjadi sangat khas dengan Datsun. Apalagi memang, pada setiap event kegiatan yang dilaksanakan oleh Datsun Indonesia, ada terselip kata rise, riser, risers, maupun rising.

(Para risers istirahat di sela pelaksanaan DRE Kalimantan gelombang III etape 1 pada 11 - 15 Januari 2016. || Foto: Gapey Sandy)

“Kami selalu menyebut konsumen kita dengan risers, begitu juga dengan komunitas pemilik Datsun yang ada, selalu menyebut diri mereka dengan risers karena mereka merasa sepaham dan kebanggaan bersama, atau ibaratnya senasib sepenanggungan. Bahkan kalau mereka membuat salam pun juga menyatakannya dengan ‘Salam Risers’. Selain itu, dalam setiap kegiatan kita juga selalu terselip kata riser misalnya Datsun Risers Expedition, Jejak Risers, Datsun Rising Hope, atau Datsun Rising Challenge,” tutur perempuan berambut sebahu yang tak pernah melepaskan kemeja sporty abu-abu bertuliskan “Datsun” pada bagian punggung, dan “GO+ Panca” di lengan kanan ini.

Khusus untuk Datsun Risers Expedition ini, menurut Indriani lagi, ada empat hal yang ingin dicapai dalam event yang dijuluki sebagai ‘Perjalanan yang Inspiratif’. “Datsun Risers Expedition ini kami sebut juga sebagai ‘Perjalanan yang Inspiratif’ karena, pertama, mereka bisa melihat budaya-budaya Indonesia yang luar biasa kaya, selain itu mereka juga bisa merasakan kulinernya, melihat pemandangan alam yang sangat luar biasa dan tidak kalah dengan wisata mancanegara. Ini membuktikan bahwa Indonesia punya potensi pariwisata yang sangat besar. Hal ini sekaligus membuktikan semboyan “the power comes from the inside”. Kita ingin para risers menikmati perjalanan wisata ini,” terang Indri yang memilih mendengarkan musik ketika berkendara dan berkomitmen untuk menjauhkan hal-hal yang dapat memecah konsentrasi.

Kedua, imbuh Indri, para risers juga dapat merasakan sendiri bagaimana performa Datsun GO+ Panca, sehingga menginsipirasi mereka, bahwa sebuah kendaraan yang banyak orang bilang ‘murah’---meskipun kami menyebutnya sebagai affordable car atau LCGC (Low Cost Green Car)---sanggup melakukan perjalanan seberat itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN