Mohon tunggu...
Ahmad Alfan
Ahmad Alfan Mohon Tunggu... Wiraswasta - Peminat Film

Mantan Karyawan

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Namanya Rujak Kolang Kaling

22 Mei 2018   09:57 Diperbarui: 22 Mei 2018   10:00 830
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumentasi pribadi

Setiap bulan Ramadhan tiba, kuliner menjadi salah satu topik yang paling sering dibahas, baik di media offline maupun online. Salah satu kuliner yang hampir tak bisa dilepaskan dengan meoment puasa adalah kolak. Dan tentu saja buah yang satu ini juga tak bisa ditinggalkan kalau sudah membahas tentang kolak, yaitu buah kolang kaling. Kali ini saya  ingin sedikit berbagi tentang salah satu cara mengkonsumsi kolang kaling. Bukan dikolak, tetapi dirujak.

Jangan membayangkan rujak kolang kaling ini seperti rujak yang pakai sambel itu. Rujak yang dimaksud bukan seperti itu. Kami sekeluarga menyebutnya rujak kolang kaling. Resep rujak kolang kaling ini jarang sekali aku maupun isteriku mendengar dan disuguhi minuman seperti yang aku maksud. 

Ini resep peninggalan mendiang ibu kami. Rasanya sangat unik (menurut saya lho), mempunyai sensasi rasa seakan inilah rasa inti sebenar-benarnya buah yang bernama kolang kaling  Proses pembuatannya pun sangat sederhana. Dan bahannya pun saya tanggung setiap keluarga Indonesia sudah pasti ada di dapur setiap saat.

Iseng-iseng, sebelum menulis artikel ini saya sempatkan mencoba mengetikkan tiga keyword pada browser ; manisan kolang kaling, kolang kaling dan yang terakhir rujak kolang kaling. Dan situs-situs yang tampil pada halaman pertama, saya coba buka, memang resep-resep yang muncul hampir serupa, tetapi tidak (belum) saya temukan resep yang seperti saya maksud, yang saya sebut sebagai rujak  kolang kaling

Jika di kulkas anda ada kolang kaling, dan anda belum memutuskan ingin dibuat apa, maka cobalah. Tidak ada ruginya untuk mencoba membuat rujak kolang kaling ini, karena ya itu tadi. Proses pembuatannya serta bahannya yang begitu mudah. Langsung saja ya kita bahas bahan dan cara membuat rujak kolang kaling. Bahan-bahannya cuma ada dua :

- Kolang kaling : Banyaknya sesuaikan dengan kebutuhan, untuk satu orang, dua orang atau lebih.

- Gula Pasir : kira-kira 1/2  dari kolang kaling (gram)

Cara membuatnya :

- Cuci dulu kolang kalingnya dengan air, lalu bilas dengan air matang.

- Taburkan gula pasir ke atasnya.

- Tutup dan biarkan selama 3 - 5 jam. (kebih lama lebih baik)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun