Mohon tunggu...
Galih Reisandi
Galih Reisandi Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Ekonomi Syariah IPB 2017

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Mahasiswa IPB Ajak Pemuda Desa Batujajar Barat Membangun Hobi Aquascape

16 September 2020   17:02 Diperbarui: 16 September 2020   17:06 4 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa IPB Ajak Pemuda Desa Batujajar Barat Membangun Hobi Aquascape
Dok. pribadi

KKN di Desa Batujajar Barat, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, yang dilaksanakan oleh mahasiswa IPB memiliki tantangan tersendiri karena dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19, Namun demikian tetap asik dengan adanya 10 orang mahasiswa KKN-T yang memiliki banyak program. Salah satu program kreatif dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan adalah kegiatan sosialisasi pengenalan dan pembuatan aquascape sederhana.

Kegiatan yang bernama “Batujajar Barat ASIK: Aquascape Inovatif dan Kreatif” dilaksanakan pada tanggal 16 agustus 2020, bertujuan mengedukasi masyarakat Desa Batujajar Barat di bidang seni menghias aquarium dengan harapan dapat meningkatkan kreatifitas dan mengembangkan potensi masyarakat sehingga meskipun dalam keadaan pandemi COVID-19, masyarakat tetap produktif.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Peserta sosialisasi berasal dari anggota Karang Taruna Tumaritis Desa Batujajar Barat yang berjumlah 21 orang. Sosialisasi aquascape diawali dengan sambutan oleh perwakilan pihak desa dan ketua karang taruna tumaritis, selanjutnya ada pengenalan aquascape yang disampaikan oleh Thoufiq (FPIK’54). “Aquascape merupakan seni menata batu, kayu, tanaman, pasir, dll kedalam aquarium atau media bening yang dapat menampung air dan menjadi sebuah pemandangan.” Ucap Thoufiq selaku pemateri.

Sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai material yang diperlukan untuk membuat sebuah aquascape sederhana yang disampaikan oleh Disya (FPIK’54), dilanjutkan dengan penyampaian mengenai desain atau tema aquascape oleh Afifah (FPIK’54). “Terdapat berbagai macam tema yang dapat digunakan dalam pembuatan aquascape sederhana, seperti yang akan kita gunakan saat ini termasuk kedalam tema Iwagumi yang hanya terdiri dari perpaduan tumbuhan tanam, soil, dan batu.” Ucap Afifah pada saat menerangkan mengenai tema yang kami gunakan untuk membuat aquascape sederhana.

Sosialisasi dilanjutkan oleh Thoufiq dengan memberikan materi singkat mengenai perawatan aquascape dan dilanjutkan dengan praktek pembuatan langsung aquascape sederhana yang ditampilkan juga dalam layar besar. Banyak anggota karang taruna yang menunjukkan ketertarikannya untuk membuat aquascape sendiri yang dapat kita lihat dari respon atau tanggapan mereka pada saat sesi tanya jawab, bahkan terdapat peserta yang maju kedepan untuk melihat dengan lebih jelas isi aquascape tersebut. Sosialisasi aquascape diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh peserta dan panitia.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x