Mohon tunggu...
Galih Prakoso
Galih Prakoso Mohon Tunggu... Konsultan - Freelance Blogger

Saya bekerja sebagai Head of Area Purwokerto di perusahaan minuman dan sedang melanjutkan pendidikan Master Management di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Selanjutnya

Tutup

Money

Marketing Mix

29 Januari 2020   00:40 Diperbarui: 29 Januari 2020   00:43 1099
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Dalam setiap bisnis entah itu perusahaan dagang maupun jasa pastinya memerlukan pemasaran. Seringkali produk yang dihasilkan oleh perusahaan tidak diterima atau bahkan tidak dikenal oleh calon konsumennya. Padahal perusahaan memproduksi barang tersebut dengan qty yang banyak namun penolakan terhadap produk yang dihasilkan membuat produsen merugi.

Budget yang dikeluarkan banyak namun hasil yang dicapai belum sesuai haapan. Hal ini disebabkan oleh tidak berjalannya bauran pemasaran dengan baik dan benar. Seringkali perusahaan tidak melakukan survey dan atau trial error untuk menciptakan suatu produk.

Di dalam pemasaran, terdapat 4 bauran yakni product, promotion, price and place. Dari keempat bauran pemasaran tersebut, langkah Pertamanya ialah perusahaan dagang harus melakukan survey sesuai TSP (Targeting, Segmenting dan Positioning), apa kiranya barang yang dibutuhkan, peluang untuk menciptakan produk dan bagaimana kemampuan daya belinya.

Setelah itu produk yang sudah tercipta pastinya memiliki life cycle product, dimana peran Promotion sebagai langkah kedua berfungsi sebagai pengenalan produk ke masyarakat (calon konsumen), pendongkrak penjualan dan juga pemicu daya saing kepada kometitor. Ketiga, dengan adanya sebuah produk maka nilai tukar atau Price (harga) menjadi salah satu faktor pengaruh calon konsumen untuk membali produk tersebut atau tidak sesuai kemampuan daya beli konsumen.

Terakhir, Perusahaan harus mampu memiliki tempat yang strategis untuk memaksimalkan retensi kunjungan menjadi transaksi untuk bisnis tersebut.

Menurut Kotler dan Amstrong, 2012:92 Bauran pemasaran adalah perangkat pemasaran yang baik yang meliputi produk, penentuan harga, promosi, distribusi, digabungkan untuk menghasilkan respon yang diinginkan pasar sasaran. Sementara Menurut Buchari Alma, 2007:130, Marketing mix adalah strategi mencampur kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil yang paling memuaskan. Maka dapat disimpulkan bahwa Marketing Mix ialah pencampuran kegiatan pemasaran untuk memaksimalkan penyebaran produk ke konsumen.

Oleh karena itu, survey dan anggaran dapat membantu pemasar untuk melakukan penetrasi pasar sehingga bisnis perusahaan dagang bisa memiliki keuntungan dari produk yang diciptakan oleh perusahaan.

Referensi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun