Mohon tunggu...
Galih  Noviandi
Galih Noviandi Mohon Tunggu... Pelajar

Semangat

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Peran Helm Saat Berkendara

13 Februari 2020   13:51 Diperbarui: 13 Februari 2020   13:58 10 0 0 Mohon Tunggu...

Helm adalah salah satu perangkat keamanan standar pada pengemudi ber-roda dua. Helm berfungsi untuk melindungi kepala pengemudi dari benturan maupun debu yang ada di jalan pada saat mengemudi, selain itu helm juga beragam jenisnya. Helm pada umumnya ada tiga jenis yang sering digunakan oleh pengemudi roda dua, yaitu helm half-face dan full-face, keduanya memiliki perbedaan dari segi tampilan maupun segi fungsional.

Pada tampilan nya helm half-face hanya menutupi bagian atas kepala dan bagian wajah, namun pada bagian dagu tidak ada pelindungnya. Sedangkan pada helm full-face menutupi semua bagian kepala, wajah maupun dagu.

Dijalanan banyak sekali para pengemudi yang tidak memakai helm.

Banyak orang yang dengan santai mengemudi motor bahkan sampai kebut kebutan tanpa menggunakan helm. Padahal helm sangat berperan penting dalam keselamatan kita saat mengemudi motor. Helm dapat melindungi kepala kita dari benturan benda keras apabila kita mengalami kecelakaan.

Di dalam hukum pun sudah dijelaskan pada UU No 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan bahwa kita wajub menggunakan helm standar nasional Indonesia,jika kita melanggar hal tersebut kita dapat terkena sanksi.

Jadi,helm sangat penting saat kita mengendarai sepeda motor. Karena dapat menjaga keselamatan kita saat berkendara. Maka dari itu gunakan lah helm Standar Nasional Indonesia ketika kita mengendarai sepeda motor.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x