Mohon tunggu...
MUHAMMAD GALIHARDIANSAH
MUHAMMAD GALIHARDIANSAH Mohon Tunggu... Mahasiswa nderek kyai

setiap yang bernyawa pasti akan mati

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kurangnya Pergaulan akibat Sikap Fanatik Berlebihan

21 September 2019   01:00 Diperbarui: 21 September 2019   01:02 396 14 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kurangnya Pergaulan akibat Sikap Fanatik Berlebihan
pixabay

Pada kodratnya manusia adalah makhluk sosial yang dalam artian membutuhkan orang lain dalam kehidupannya. namun dalam berhubungan, manusia terkadang sulit bergaul atau berinteraksi, salah satu penyebabnya adalah sikap fanatik dalam diri seseorang  yang berlebihan. 

Fanatik menurut wikipedia adalah perilaku yang menunjukan ketertarikan terhadap sesuatu secara berlebihan. Fanatik juga berarti berlebih lebihan dalam kepercayaan politik,agama,ras atau sesuatu yang di senangi.  

Dalam bergaul seseorang yang memiliki sifat fanatik yang berlebihan hanya bergaul dengan seseorang yang menurutnya memiliki sudut pandang yang sama dengan dirinya saja sehingga kurangnya rasa interaksi dengan manusia yang lain. 

Dengan begitu lingkup pergaulanya sempit padahal manusia hidup di harapkan banyak saling mengenal satu sama lain supaya bisa saling tolong menolong dan saling bertukar pikiran mencari suatu pengalaman yang sebanyak banyaknya untuk bekal hidup. 

Kekhawatiran yang paling terasa adalah dimana seseorang yang memiliki sikap fanatik hidup dalam lingkungan sebagai minoritas yang tidak bisa menjalin interaksi atau hubungan dengan manusia lain dikarenakan seseorang tersebut bersikap tertutup atau introver.

Sikap fanatik boleh saja akan tetapi tidak berlebihan dan tidak bertentangan dengan kodrat sebagai manusia yang bisa membuat diri seseorang itu buta. 

Dampak negatif fanatik bukan hanya sulitnya menjalin hubungan dengan orang lain akan tetapi fanatik yang berlebihan juga berakibat pada permusuhan karena perbedaan perbedaan sudut pandang. Menghindari sikap fanatik dalam pergaulan dapat di hindari dengan cara:

  • Menghargai sesuatu perbedaan antar semua manusia
  • Tidak bersikap apatis (acuh tak acuh)pada sesuatu yang ada di sekitar
  • Saling menjalin interaksi kepada orang lain tanpa membedakan
  • Saling tolong menolong dalam kebaikan

Dengan demikian diharapkan manusia bisa saling bergaul dan berbaur tanpa adanya sekat perbedaan sudut pandang, sehingga menjadikan kehidupan yang damai dan harmonis.

VIDEO PILIHAN