Mohon tunggu...
Gabriel Lintang
Gabriel Lintang Mohon Tunggu... Freelancer - Suka nulis, jarang ngoceh, kadang membaca

Orang yang ngambil jurusan bahasa waktu SMA dan masuk ke prodi ilmu komunikasi di perguruan tinggi. Bisa berbicara 4 bahasa (Indonesia - Jawa - Inggris - Jepang)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bantuan Kecil untuk Rakyat dari Rakyat

25 Juli 2021   20:11 Diperbarui: 26 Juli 2021   15:23 56 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bantuan Kecil untuk Rakyat dari Rakyat
Sumber : Foto Pribadi

Ini kisah saya sepulang dari membeli galon air kemarin sore. Di tempat tinggal saya terdapat pangkalan ojek, dan tepat di depan pangkalan tersebut biasa terparkir bus mini maupun angkot kabupaten-kota dan bus antar kota. 

Tempat tinggal saya ini memang biasanya ramai akan supir bus dan ojek yang mengobrol di depan rumah.

 Beberapa kali mereka bercerita mengenai turunnya pendapatan mereka akibat PPKM, karena para pedagang tidak datang ke pasar dan populasi pasar pun menurun. 

Padahal mayoritas pengguna transportasi umum adalah para pedagang pasar tersebut.

Namun kemudian mata saya tak sengaja tertuju pada sebuah angkot berwarna kuning, terdapat sebuah kertas menempel pada bagian depannya. 

Setelah saya baca, rupanya kendaraan tersebut menyediakan jasa transportasi gratis (pulang-pergi) selama PPKM level 4 dijalankan dengan slogan yang sama yakni PPKM (Pulang Pergi Kami Menggratiskan). 

Ngomong-ngomong angkot tersebut adalah angkot kabupaten-kota, jaraknya sekitar 20KM dari sini. Saat itu saya pun berpikir, kendaraan umum tanpa biaya selama PPKM, hal terbaik yang pernah saya lihat selama PPKM.

Di saat pemerintah sibuk membuat aturan pembatasan penumpang, ada orang yang berinisiatif untuk membantu rakyat yang sedang terdampak pandemi dengan menggratiskan biaya tranportasi, entah itu pulang maupun pergi.

Stephen Hawking pernah berkata, “Kami sangat, sangat kecil, tetapi kami sangat mampu melakukan hal-hal yang sangat, sangat besar.”

Jika kami yang kecil itu bisa melakukan hal yang sangat besar, apakah yang besar bisa melakukan hal yang luar biasa? Halo orang-orang besar, apa kabar?

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN