Mohon tunggu...
Gabriel Jaden E.S
Gabriel Jaden E.S Mohon Tunggu... Atlet - pelajar

pelajar

Selanjutnya

Tutup

Atletik Pilihan

Mengenal Panjat Dinding dan Manfaatnya

28 November 2023   22:50 Diperbarui: 28 November 2023   23:38 221
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://methodclimb.com/wp-content/uploads/2020/01/431A3955-min-1024x683.jpg

Panjat dinding atau yang sering kita dengar dengan istilah Wall Climbing merupakan olahraga memanjat sebuah dinding buatan yang dilengkapi dengan batu pijakan buatan. Berbeda dengan Panjat Tebing, Wall Climbing bisa dilakukan di ruangan terbuka maupun ruangan tertutup. Wall Climbing juga relatif lebih aman dari Panjat Tebing karena tidak terpengaruh kondisi cuaca.

Olahraga Wall Climbing merupakan olahraga yang memerlukan teknik tertentu untuk dapat menyelesaikan rintangan. Dalam Wall Climbing kita mengenal 3 jenis latihan dan dinding yang berbeda, 3 jenis tersebut adalah speed climbing, lead climbing, dan bouldering.

 

Bouldering

Bouldering adalah jenis olahraga panjat tebing yang melibatkan pemanjatan pendek tanpa menggunakan tali pengaman utama. Sebagian besar bouldering dilakukan di luar ruangan, seperti di tebing alami atau di dinding buatan, dan menggunakan peralatan tambahan seperti matras atau crash pad untuk melindungi pendaki saat jatuh.

Manfaat Bouldering :

  • Mengurangi depresi: Bouldering dapat membantu mengurangi depresi, karena pemandangan fisik dan mental yang diperlukan dalam latihan ini.
  • Meningkatkan kesehatan tubuh: Bouldering dapat membantu meningkatkan massa otot, daya tahan/stamina, dan kinerja jantung.
  • Meningkatkan kemampuan memanjat: Bouldering membantu mengembangkan keterampilan memanjat, karena memerlukan teknik, kekuatan, dan keseimbangan yang tinggi untuk dapat menyelesaikan tantangan pendek. Bouldering juga menjadi latihan dasar semua teknik pemanjatan.
  • Meningkatkan kesehatan mental: Bouldering juga membantu meningkatkan kesehatan mental, karena memerlukan fokus dan tingkat ketekunan yang tinggi dalam latihan.

Latihan Bouldering juga dapat dikombinasikan dengan lead climbing untuk kembali meningkatkan kemampuan dan mengaplikasikan teknik.

Lead Climbing

Jenis manjat lead climbing adalah pemanjatan dengan menggunakan tali yang dilakukan oleh dua orang atau lebih di mana seseorang harus memanjat lebih dulu (lead) untuk memasang pengaman bagi pemanjat berikutnya. Lead climbing menggunakan harnes yang diikatkan tali dan terhubung dengan Belayer (pemanjat berikutnya), bisa dilakukan di tebing alam atau dinding buatan.

Manfaat Lead Climbing:

  • Meningkatkan rasa percaya diri: Lead Climbing dapat membantu kita untuk lebih percaya diri saat memanjat dan mengambil keputusan - keputusan yang benar untuk dapat mencapai puncak.
  • Melatih kesabaran: Lead Climbing dapat membantu kita untuk melatih kesabaran saat kita manjat, kita dilatih untuk tidak buru - buru dalam mengambil keputusan tetapi kita sabar dan melihat peluang terbaik untuk kita dapat mencapai puncak.
  • Mengenal alat - alat manjat lebih dalam: Lead Climbing juga mengenalkan kita kepada alat - alat manjat seperti harnes, belay device,  tangga tali, chock, cam device, piton, dan lain sebagainya.

Lead Climbing merupakan salah satu kategori yang diperlombakan dalam kompetisi Wall Climbing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Atletik Selengkapnya
Lihat Atletik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun