Mohon tunggu...
GABRIEL DOMINICUS
GABRIEL DOMINICUS Mohon Tunggu... Editor - mahasiswa

a

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi Hominisasi

27 November 2022   14:56 Diperbarui: 27 November 2022   14:59 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebelum Geladi Hominisasi dimulai, saya diberikan tugas pra Geladi Hominisasi agar dapat mengikuti proses Geladi Hominisasi dan tugas pra Geladi Hominisasi tersebut saya kerjakan. Sebelum proses geladi hominsasi, saya menerima daftar kelompok saya dan tema yang diberikan untuk kelompok saya, tema yang diberikan untuk kelompok saya adalah Hari Toleransi Nasional. Saya mencari informasi dari beberapa artikel tentang tema yang telah diberikan. Pada saat Geladi Hominisasi awalnya saya dan teman teman yang mengikuti Geladi Hominisasi menyanyikan lagu "Indonesia Raya 3 stanza". Setelah menyanyikan lagu peserta Hominisasi, saya dan teman teman yang mengikuti proses Geladi Hominisasi dipersilahkan untuk menonton video pengantar Hominisasi tentang "SPIRITUALITAS DAN NILAI DASAR UNPAR" yang disingkat sebagai SINDU. Setelah menonton video tersebut saya diberikan kesempatan untuk memperkenalkan kelompok saya, setelah berkenalan dengan kelompok, kami disuruh untuk memasuki main room, dimana para-para pemandu akan menjelaskan bahan yang akan dipresentasikan sesuai dengan tema yang telah diberikan. Setelah penjelasan tersebut kami berdiskusi untuk mencari bahan yang akan dipresentasikan sesuai waktu tertentu. Setelah waktu habis saya dan kelompok saya dipersilahkan untuk mempresentasikan materi yang telah dibahas. Setelah selesai presentasi saya dan kawan kawan diajak untuk foto bersama, setelah foto bersama proses Geladi Hominisasi telah selesai.

Setelah proses Geladi Hominisasi, saya lebih berani untuk mengeluarkan pendapat, lebih percaya diri saat berpresentasi selama proses Geladi Hominisasi. Kemampuan Untuk berpikir kritis untuk menyelesaikan suatu masalah agar masyarakat Warga negara memikirkan juga kemajuan negaranya. Manfaat yang saya dapat kan selama proses Geladi Hominisasi adalah kemampuan untuk berani berpendapat, berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah. Dan bagaimana cara untuk mempresentasikan suatu bahan secara kreatif.Kemampuan untuk lebih berani mengeluarkan pendapat pada saat diskusi kelompok, kemampuan tersebut saya terapkan dengan lebih sering aktif dalam kelompok. Berpikir kritis terhadap suatu masalah.Cara saya untuk meningkatkan kemampuan saya dalam berpikir dengan menghargai Pendapat orang lain, berpikir kritis dalam suatu masalah, selalu bertanya, berpikir sebelum bertindak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun