Mohon tunggu...
Gabriela Ivy Effendi
Gabriela Ivy Effendi Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi saya membaca, nonton film

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

5 Oktober 2022   22:46 Diperbarui: 5 Oktober 2022   22:47 33 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Selama mengikuti geladi hominisasi ini saya dituntut untuk dapat berpikir kritis dan membahasakan apa yang sudah saya pikirkan itu melalui bahasa yang baik agar informasi tersebut bisa tersampaikan kepada orang lain dengan baik. Selain itu saya banyak mempelajari dan mengenal hal-hal baru tentang negara saya yang belum saya ketahui sebelumnya. 

Saya belajar dan berlatih bagaimana cara berpikir kritis yang baik dan berlatih bagaimana cara saya berbahasa untuk dapat menyampaikan hal tersebut kepada orang sehingga orang itu bisa mengerti dan memahaminya. 

Setelah mengikuti geladi hominisasi saya semakin yakin kalau logika dan bahasa sangat kita perlukan dalam kehidupan kita terutama sebagai warga negara, karena sebagai warna negara yang baik kita harus bisa menguasai bahasa kita yaitu bahasa Indonesia bukan hanya karena untuk percakapan sehari-hari tetapi bahasa baku dari bahasa indonesia perlu kita kuasai mengingat itu adalah bahasa yang menjadi awal mula dari negara kita berdiri dan Bahasa Indonesia juga adalah bahasa pemersatu bangsa ini dari semua perbedaan yang ada. 

Selain kita perlu menguasai bahasa kita juga perlu memahami cara berpikir yang baik dan benar agar kita dapat memaksimalkan kemampuan yang kita punya untuk dapat membantu membangun negri ini dengan lebih baik dan membantu masyarakat yang membutuhkan. 

Kemampuan ini harus mulai dilatih dari mulai kuliah agar terbiasa untuk berpikir secara kritis dan membahasakan pikiran tersebut agar dapat dimengerti oleh orang lain. Saya merasa hal yang saya dapatkan saat geladi hominisasi adalah sesuatu hal yang unik dan baik untuk kita terspkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita bisa mulai berlatih dari hal- hal yang menjadi masalah kita sehari-hari agar terbiasa saat menghadapi masalah yang besar kita bisa menerapkan kemampuan yang sudah dilatih ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan