Mohon tunggu...
Gabriel Putera Margono
Gabriel Putera Margono Mohon Tunggu... Lainnya - Saya adalah seorang pelajar yang sangat rajin

Saya suka masak dan memakannya

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Hanya Bisa Memasak Sudah Dipanggil Chef

22 November 2022   21:07 Diperbarui: 22 November 2022   21:22 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Chef adalah seseorang yang bukan hanya bisa memasak tetapi juga orang yang dapat mengatur jalannya satu kelompok kecil demi menciptakan masakan masakan yang enak. Berbeda dengan koki atau dalam Bahasa inggris "cooks" ia hanyalah orang biasa yang dapat memasak dengan mengikuti resep, melihat kursus dan lainnya. 

Untuk seorang chef dibutuhkan pendidikan formal maupun bekerja dengan chef chef hebat yang mencetak ia menjadi seorang chef. Belakangan ini banyak orang yang miskonsepsi, semua orang yang bisa masak dianggap atau dipanggil chef. 

Acara TV membuat hal itu terjadi, orang melabelkan diri sendiri sebagai chef walau hanya masak satu atau dua kali. Saya suka opini itu karena benar adanya sekarang semua orang yang bisa masak dibilang sebagai chef. Tujuan yang tertera dalam artikel ini adalah mendidik, karena mendidik orang orang bahwa chef bukanlah hanya orang yang bisa masak saja, tetapi orang yang bisa mengatur jalannya "dapur".

Menjadi seorang chef adalah sebuah pekerjaan yang menyenangkan. Walau menyenangkan tetapi menjadi seorang chef bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan . Chef adalah seseorang yang mengatur jalannya dapur dan membuat resep untuk menu menu yang ada di restoran.

Belakangan ini banyak terjadi fenomena dimana orang orang yang membuat masakan di televisi langsung dibilang sebagai chef. Orang orang yang ada di televisi itu juga sebenarnya hanya bisa masak masak yang cantik cantik tanpa memahami teknik dasar masakan. 

Banyak chef yang ada di Indonesia hanya memahami teknik memasak luar tanpa memahami teknik memasak Indonesia sebagai negara yang memiliki keragaman makanan sangat luas. Tujuannya adalah chef seharusnya memahami bagaimana asal masakan indonesia dengan mempelajarinya. Setelah mendalami masakan Indonesia, sebagai chef mereka juga seharusnya melestarikannya.

Chef adalah seseorang yang membuat resep, memasak, dan mengatur jalannya dapur profesional. Chef tidak hanya semata mata orang yang bisa memasak tetapi dibutuhkan pengalaman yang panjang. Dibutuhkan kemampuan teknik memasak yang berbeda dari yang lain, tidak hanya ikut ikutan buku resep atau menonton youtube. 

Ilmu manajemen juga dibutuhkan agar dapat mengatur jalannya dapur agar dapat menciptakan makanan yang stabil.

Di dalam dapur chef memiliki tingkatan dan tugasnya masing masing. Mulai dari yang paling rendah ada cook helper yang bertugas membantu dalam menyiapkan bahan yang akan dimasak. Commis adalah tingkatan yang kedua, ia bertugas menyiapkan bahan masakan.

Lalu ada demi chef yang bertugas sebagai ketua kelompok dari section yang ditugaskan. Wakil dari chef yang paling tinggi ada sous chef yang bertugas membantu dan bertanggung jawab atas masakan masakan yang ada. Executive atau head chef adalah orang yang bertugas mengontrol jalannya dapur.

Selayaknya sebuah kerajaan besar di situ akan ada seorang yang memimpin, seorang raja. Seorang raja bukan hanya semata mata disebut raja bila ia diam saja. Ia harus mengatur seluruh strategi untuk mempertahankan atau bahkan memperluas kerajaannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun