Fajr Muchtar
Fajr Muchtar wiraswasta

menulis itu artinya menyerap pengetahuan dan mengabarkannya http://fxmuchtar.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

New Mazda CX-3, Mobil Aman Bertabur Fitur Premium

5 Agustus 2018   05:23 Diperbarui: 5 Agustus 2018   05:36 848 5 4
New Mazda CX-3, Mobil Aman Bertabur Fitur Premium
lekukan yang menggoda iman

Saat mendapat tawaran untuk test drive mobil Mazda terbaru, rasanya sudah tak sabar untuk segera menuju ajang GIIAS 2018. Hari Jum'at pagi buta, saya segera menuju travel menuju BSD. Jalanan dari Bandung ke Jakarta yang lancar, dihadang macet di bilangan Simatupang. Saya malah harus japri sama PIC acara kalau-kalau terlambat. Alhamdulillah, jam 10 lebih saya sudah sampai di pool travel di BSD. Segera saja cabut ke ICE. Hanya butuh waktu 15 menitan dengan menggunakan ojol.

Setelah mendapat tiket masuk, akhirnya kami segera masuk ke hall Mazda. Satu per satu kami mendaftar untuk test drive menjajal masing-masing mobil yang diminati. Saya memilih New Mazda CX-3. Kabarnya CX-3 ini merupakan salah satu mobil baru di 2018 ini. Setelah menunggu agak lama, karena sebagian petugas shalat jum'at, akhirnya saya mendapat giliran. Kang Ical menjadi pemandu dari pihak Mazda.

"Apa yang jadi referensi utama untuk sebuah mobil?" Tanya Kang Ical kepada saya. "Bagi saya, keamanan adalah fitur yang pertama saya lihat" kata saya. "Setelah itu baru kenyamanan dan lain-lain". Lalu Kang Ical menjelaskan beberapa fitur keamanan yang disematkan pada New Mazda CX-3.

Yang pertama adalah Blind Spot Monitoring (BSM). Dalam berkendaraan, seringkali kita luput memperhatikan banyak hal di sekitar. Entah karena ada mobil di depan atau perhatian kita teralihkan oleh HP. Fungsi keamanan dari BSM ini adalah untuk mengurangi potensi kecelakaan karena yang tidak terlihat. Nah, jika sistem mendeteksi keberadaan objek pada titik blindspot maka sistem akan menyalakan lampu yang terletak pada bagian ujung spion.

Sistem BSM untuk keamanan berkendaraan
Sistem BSM untuk keamanan berkendaraan
Ada juga fitur Smart City Brake Support (SCBS). Dengan kamera yang tersemat di depan, fitur ini mendeteksi adanya kemungkinan tabrakan dengan mengidentifikasi kendaraan yang ada di depan dan kemudian mengaktifkan rem.

SCBS, meminimalisir kecelakaan akibat rem mendadak
SCBS, meminimalisir kecelakaan akibat rem mendadak
Lampu mobil yang bisa bergerak sesuai dengan arah setir juga ikut meningkatkan performa keamanan mobil ini. Sistem yang disebut dengan Adaptive Front-lightning System (AFS) juga membuat lampu lebih terang saat berada di tikungan. Fitur-fitur keren ini masih ditambah dengan seabreg fitur standar seperti air bag di berbagi titik, serta rem ABS yang membuat mobil semakin aman. 

Area Beyond Driving GIIAS 2018
Area Beyond Driving GIIAS 2018
Nah saat melihat si merah kinclong ini, mata saya betul betul terbuai dengan keindahan dan kecerahan warnanya. Seakan-akan mata tak mau melepaskan diri dari berbagi lekuk indah yang dimiliki oleh New Mazda CX-3 ini. Betul betul memukau. Garis-garisnya betul betul dinamis dan keren. Bagian depan yang memanjang mengingatkan saya pada salah satu mobil premium yang keren abis. Bagian lampu yang cukup tipis seperti mata yang fokus pada satu titik. Semuanya sudah memakai lampu LED.

Ruang kendali semua kenyamanan berkendaraan
Ruang kendali semua kenyamanan berkendaraan
Tak sabar melihat dalemannya, saya segera membuka pintu dan duduk di jok depan. Wow banget deh. Yang pertama menarik perhatian adalah banyaknya tombol di setir dan konsol samping pengemudi. Untuk apa saja sih semua itu? 

Tak lain untuk kenyamanan dan keamanan berkendaraan. Hmm saya mesti menghapal semua tombol itu. Selain tombol untuk audio dan video, tersedia juga tombol-tombol untuk kenyamanan dan keamanan berkendaraan. Sayangnya di trek pendek dan singkat yang ada di ajang GIIAS 2018, semua fitur itu tidak bisa dijajal. Tapi mendengarnya saja sudah bikin berdecak kagum.

layar monitor 7 inci yang keren dan fungsional
layar monitor 7 inci yang keren dan fungsional
Semua info yang ada di konsol samping pengemudi ditampilkan dalam tampilan layar elegan MZD connect.  Layar 7 inci ini menjadi pusat entertainment yang bisa membuat perjalanan menjadi nyaman. 

Mau sambung internet juga bisa lho. Hal lain yang menurut saya sangat keren adalah adanya layar di depan pengemudi yang disebut Active Driving Display. Selain sangat futuristic, layar kecil ini menampilkan informasi prioritas tinggi dan berubah dari waktu ke waktu. Dengan adanya layar kecil itu, pengalihan mata ke berbagai sudut bisa diminimalisir. Lebih aman tentunya.

Layar kecil penampil info. Futuristik dan aman
Layar kecil penampil info. Futuristik dan aman
Saya duduk dengan nyaman di kursi yang dibalut lapisan kulit lembut. Pengaturan tempat duduk dibuat sangat nyaman sekali. Betul betul memperhatikan kondisi pengendara. Semua pengaturan tempat duduk, kemudi dan juga fasilitas berkendaraan sangat mudah diatur sesuai dengan kenyamanan yang kita inginkan. Kurang tinggi, ditinggiin. Kurang maju dimajuin. Gampang sekali.

Tombol kendali di kemudi
Tombol kendali di kemudi
Saatnya berkendaraan tiba. Saya menginjak pedal gas yang disambut responsive oleh New Mazda CX-3 ini. Kemudi betul betul ringan dan feelnya dapat. Ukuran setir yang dibuat agak kecil cukup berpengaruh pada feel berkendaraan. Pun mobil sangat responsive.

Tuas rem tangan cukup mencolek tombol ini.
Tuas rem tangan cukup mencolek tombol ini.
Rem bekerja dengan smooth dan nyaman. Tiga putaran saya coba untuk mendapatkan soul dari mobil kerena ini. Tentu saja saya tidak mendapatkannya dalam waktu yang sangat singkat dan trek pendek. Sekali lagi banyak fitur belum tereksplorasi dengan maksimal. 

Misalnya fitur untuk mengatur kecepatan stabil, fitur keamanan Blind Spot Monitoring dan sebagainya. Dari hasil test drive singkat itu, saya merasa bahwa mobil ini betul betul sangat nyaman dan aman.

mesin pacu yang cantik, rapi dan keren
mesin pacu yang cantik, rapi dan keren
fokuuuus
fokuuuus