Mohon tunggu...
Goenawan
Goenawan Mohon Tunggu...

Insinyur mesin dari ITS Surabaya, mendalami sistem kontrol otomatis di Taiwan, pernah bekerja di beberapa perusahaan ternama sbg Engineer dan di Managemen. Sekarang menekuni pasar Modal dan pasar Uang.\r\n\r\nSemua tulisan saya asli bukan hasil mencontek, tetapi anda boleh meng-copy paste sebagian atau seluruhnya tulisan saya di kompasiana tanpa perlu izin apapaun dari saya. Lebih baik jika dicantumkan sumbernya, tetapi tanpa ditulis sumbernyapun. it's ok

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Jokowi Setara Elon Musk

14 Maret 2018   21:15 Diperbarui: 15 Maret 2018   09:12 544 1 2 Mohon Tunggu...

Bagi yang belum tahu Elon musk, dia adalah pendiri Tesla Mobil. Pioner mobil listrik secara komersial. Jika sebelumnya raksasa otomotif dunia semacam Toyota, Nissan dll membuat mobil listrik hanya dalam skala laboratorium dan riset. Elon Musk melangkah lebih jauh membuatnya secara komersial. Tentu tantangannya banyak karena harganya lebih mahal, belum lagi infrastruktur pendukung supply listrik belum ada, isu safety sampai budaya mobil BBM. 

Tetapi Tesla berhasil membuat dan laku dijual. banyak orang menyebut Elon Musk sebagai the real iron man di dunia nyata. Terakhir Elon Musk berhasil meluncurkan rocket terbesar yang pernah dibuat manusia untuk expedisi ke planet Mars.

Begitu juga dengan Jokowi. Jokowi berhasil memoles kemampuan anak SMK di Solo setara dengan para insinyur Toyota Jepang atau Gemeral Motor Amerika. Tak tanggung tanggung, dalam waktu sekejap di tahun 2014 munculah karya anak SMK dalam wujud Mobil Esemka. Mobil Esemka ini tidak bisa dipandang sebelah mata karena tongkrongannya sudah setara Honda CRV. Bandingkan dengan program mobil LCGC yang baru sebatas bikin Ayla yg ukurannya kecil. 

memang selama empat tahun ini mobil esemka sempat wakum karena kesibukan beliau membagi - bagi sepeda. Kita tentu mengerti bahwa ide Esemka adalah buah karya brilian Pak Jokowi. 

Bahkan mungkin pabrik Esemka sendiri tidak perlu insinyur untuk merancang dan memproduksi mobil. Cukup anak Esemka dengan ide dari Pak Jokowi, mobil yang sempurna bukan lagi kayalan. jadi bisa dimengerti jika Pak Jokowi adalah Esemka, Esemka adalah Pak Jokowi. Tetapi konon katanya menjelang pilpres ini sudah disiapkan produk Esemka yang lebih ciamik. 

Mari kita sambut mobil Esemka di tahun politik. Mobil sempurna buatan anak negeri. Sempurna karena walaupun pabriknya baru mau mendatangkan mesin2 produksinya, tetapi mobil Esemka terbaru foto - fotonya sudah beredar di dunia maya. Inilah yang namanya lompatan kuantum. Luar biasa.

VIDEO PILIHAN