Mohon tunggu...
futihat nurul karimah
futihat nurul karimah Mohon Tunggu... menulis itu, ya menulis

lahir 16 tahun lalu

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Black Lives Matter

16 September 2020   11:02 Diperbarui: 16 September 2020   11:13 15 1 1 Mohon Tunggu...

tugas: taqiya mafaza

kelas: xi ips 2

guru: deky septiandaris

note: pak ini tugas taqiya, dikarenakan akun kompasiananya tidak bisa kebuka

Black lives matter merupakan slogan yang sedang terkenal di mancanegara yang artinya "Nyawa Orang Kulit Hitam Itu Berarti". Black lives matter merupakan slogan dari Amerika Serikat yang membawa nama orang kulit hitam itu lebih baik dan tidak ditindas oleh orang kulit putih di seluruh dunia. 

Slogan ini dimulai dengan adanya kematian Travyon Martin pada tahun 2012 yang disebabkan oleh polisi Minnessota merenggut nyawanya dengan kedua kakinya. Hal itu membuat ricuh dunia dan sangat di pantau oleh media. 

Karena kejadian tersebut, menyebabkan banyaknya penggerak-penggerak aktivis Black Lives Matter bangkit dan menyuarakan dirinya, lalu tahun setelahnya ada pula kejadian yang dialami oleh dua orang kulit hitam lainya yang meninggal karena diskriminasi ini. Pada tahun 2016 penggerak Black Lives Matter mengikuti pemilihan umum presiden Amerika Serikat.

Dari hal tersebut, terlihat penindasan orang kuit putih kepada orang kulit hitam yang sangat bertragedi. Orang kulit putih banyak yang mendiskriminasi di sekolah, rumah ataupun lingkungan perkantoran yang sangat seram dan maka dari itu dapat kita simpulkan bahwa sikap eksklusivan orang kulit putih sangat kuat dan feodalisme. Akhirnya orang kulit hitam pun memperjuangkan ras nya dan banyak menyuarakan dirinya seperti demonstrasi, kampanye dan membuat klubnya sendiri.

Bahkan banyaknya pula orang kulit hitam yang menjadi artis, pejabat dan presiden. Mereka memberikan pendapatnya tentang Black Lives Matter di sosial medianya. Pandanganya lebih kearah positif dan mendukung orang kulit hitam untuk melawan hal tersebut. Hampir di seluruh dunia sangat ramai akan hal ini dan menyuarakanya, mereka mengerti akan konflik sosial ini dan mendukung orang kulit hitam.

VIDEO PILIHAN