Mohon tunggu...
Futhi ZahraShofia
Futhi ZahraShofia Mohon Tunggu... Mahasiswa - HAI

HAI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Digital terhadap Perilaku Sosialisasi Anak

26 September 2022   09:06 Diperbarui: 26 September 2022   09:13 46 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sudah tidak asing lagi di zaman sekarang penggunaan seperti gadget oleh anak usia dini. Karena tidak memungkiri juga bahkan rata rata sekolah kebanyakan menggunakan handphone/laptop untuk ujian. 

Bukan hanya SMA sederajat saja. Sd pun bahkan sudah mulai mulai menggunakan. 

Sebetulnya, ada plus dan minus dalam penggunaan gadget di usia dini. Plus nya , anak bisa lebih mengenal banyak bahasa,ilmu,dan pembelajaran lainnya lewat digital,misalnya youtube, mengetahui hal hal lewat google dll. Minusnya, banyak juga hal yang sebetulnya tidak boleh anak tau di usianya. Misalnya main sosmed dll.

Kenapa bisa terjadi?Karena hal itu akan membuat anak candu dan terbawa arus yang tidak baik. Juga yang kita ketahui. Dunia sosial media itu  sangatlah luas dan penggunanya rata rata orang dewasa. 

Ditakutkan, jika hal ini sampai terbiasa dilakukan oleh anak, anak akan menjadi kecanduan gadget sehingga yang harusnya dunia anak adalah bermain dengan sebaya nya, belajar, malah terfokuskan ke dunia digital itu sendiri. 

Dampak buruknya,akan mengganggu konsentrasi anak dan masa belajar anak itu kedepannya. Bukan hanya itu, pergaulan anak juga akan mempengaruhi karena sering lihat dan meniru apa yang dia lihat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan