Mohon tunggu...
Hobi

Perawatan Ikan Arwana Super Red

29 Agustus 2018   17:07 Diperbarui: 29 Agustus 2018   17:16 1362 1 0 Mohon Tunggu...

Siapa yang tidak kenal dengan ikan arwana, ikan yang terkenal dengan keindahan eksotisnya. Keeksotisannya terlihat pada bentuk tubuh unik dan indah, memiliki sisik metalik yang menawan seperti koin dengan ukuran yang besar.Ikan arwana banyak terdapat di Asia Tenggara. Ikan in juga termasuk ikan yang di lindungi oleh Negara, karena jumlahnya yang terbatas. Yang menjadi faktor penyebab berkurangnya jumlah spesies ikan Arwana Asia di karenakan masyarakat yang memperjual belikan ikan untuk penghias aquarium meskipun tergolong mahal. Namun ikan arwana super red masih memiliki peluang untuk di budidayakan dan di minati banyak orang.

Salah satu ikan arwana yang yang sangat disukai masyarakat adalah ikan arwana super red. Jenis ikan ini adalah salah satu primadona di antara jenis ikan arwana lainnya. Memiliki sebutan ikan naga karena memiliki warna merah yang mencolok adalah keunikan dari ikan Arwana Super Red. Arwana jenis ini bisa di temukan di Kalimanta Barat lebih tepatnya di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum. Untuk anda yang berminat memliharanya atau bahkan membudidayakannya, berikut adalah beberapa tips yang bisa anda pertimbangkan.

Pemilihan Media Budidaya

  • Menggunakan media kolam berarti anda harus tahu bahwa ini adalah untuk budidaya dengan kapasitas yang besar dengan ukuran kolam 10 x 30 meter. Anda juga dapat menciptakan susasana seperti habitat aslinya pada media kolam ini. Tapi jangan lupa untuk kualitas air dan suhu juga tidak boleh di abaikan. Biasanya unutk suhu mengguankan 26-30 derajat celcius dan Ph harus berada di antara 6 atau 7.
  • Menggunakan Media Aquarium Pemilihan media aquarium adalah bertujuan lebih kepada keindahannya dan juga jumlah ikan Arwana yang di budidayakan tidak terlalu banyak. Namun tetap tidak boleh lupa untuk membuat suasana di dalam aquarium tetap terlihat seperti habitatnya. Ukuran aquarium berkisar panjang sekitar 1.5 -- 2 meter sedangkan lebarnya 60 -- 70 meter.

Pemilihan Indukan Ikan Arwana Super Red

Pemilihan indukan Ikan Arwana Super Red yang baik akan mempengaruhi hasil yang baik juga. Usia indukan yang baik untuk di kembangkan biasanya 4 tahun atau lebih. Saat memilihnya pun harus jeli, pastikan memiliki warna yang sudah merah sempurna dan tidak memiliki kecacatan. Setelah mendapatkan indukan pisahkan di tempat sendiri untuk perawatan lebih khusus.

Proses Pemisahan Indukan Ikan Arwana Super Red

Biasanya setelah pengelompokan indukan dalam satu wadah, anda harus memperhatikan jika ada kedua indukan yang sering bersama-sama apalagi dengan ekor yang saling menempel, maka anda harus memisahkan kedua induk tersebut di wadah atau aquarium khusus agar terjadi pembuahan yang sempurna. Biasanya sekitar 1 minggu akan terjadi pembuahan dengan sendirinya. Jika pembuahan telah selesai biasanya betina akan mengeluarkan telurnya, kemudian jenis jantan akan menyimpannya dalam mulutnya guna melindungi telur dari benda-benda asing hingga 2-8 minggu hingga menjadi larva lalu mengeluarkannya dan membiarkannya berenang di sekitar induknya.

Pembesaran Anakan Arwana Super Red

Pada saat indukan sudah mengeluarkan anakan, maka pindahkan anakan ke aquarium incubator yang di seting seperti habitat asli mereka untuk beradaptasi. Beri makan cacing pita dengan ukuran sekitar 12-15 cm, kemudian ikan bisa anda pindahkan ke klam permanen untuk di besarkan. Ingat pemilihan aquarium tidak boleh terlalu sempit.

Proses Pendewasaan Arwana Super Red

Pada usia 1 bulan ikan arwana super red sudah terlihat cantik dengan ukuran 12-30 cm, dn anda dapat menjualnya dengan harga 3juta. Sedangkan jika anda ingin mendewasakannya maka pisahkan ke aquarium khusus dengan perawatan khusus. Seperti menjemurnya setiap pagi untuk memunculkan warna merah yang indah. Dan jangan lupa untuk memberikan pakan yang baik dengan kandungan protein yang cukup. Makanan yang cocok untuk Ikan Arwana Super Red adalah jangkrik, kecoa, ikan-ikan kecil, udang hidup. Pemberian pakan ikan Arwana Super Red harus bervariasi agar mereka tidak kehilangan nafsu makan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x