Mohon tunggu...
Hobi

Ikan Mahal Perawatannya Harus Tepat, Begini Caranya.

29 Agustus 2018   15:10 Diperbarui: 29 Agustus 2018   15:37 432 0 0 Mohon Tunggu...

Para pecinta ikan hias pasti sudah pernah tahu ikan arwana bukan.  Artikel kali ini akan membahas tentang ikan Arwana Silver dengan perawatannya.

Ikan Arwana Silver adalah jenis ikan hias air tawar yang memiliki habitat asal di Amerika Selatan. Selain memiliki fisik yang cantik seperti bertubuh panjang dan ramping, ikan ini juga memiliki gerakan renang yang sangat indah.

Bagi sobat yang berminat untuk menjadikan ikan arwana sebagai peliharaan di rumah. Di artikel ini akan membahas beberapa tips untuk merawat ikan Arwana Silver.  Selain sebagai pengetahuan juga bisa di praktekan dalam perawatan ikan sehari-sehari. Berikut beberapa hal yang perlu di perhatikan pada perawatan ikan Arwana Silver adalah

Kebutuhan Protein untuk Pertumbuhan

Mengapa Protein menjadi sangat penting bagi pertumbuhan ikan Arwana Silver?  Jawabanya adalah karena protein adalah nutrisi yang memang di butuhkan semua ikan. Dengan kadar protein yang tinggi pada pakan ikan maka akan mempercepat pertumbuhannya (dapat mencapai 60 cm) serta meningkatkan potensi kecepatannya. Selain itu protein juga membuat warna silver dari Arwana Silver ini bercahaya dan bersih serta memiliki umur yan glebih panjang di banding dengan pakan yang kurang kandungan protein.

Jenis Pakan

Hal kedua yang perlu di perhatikan adalah jenis pakan. Makanan utama untuk ikan arwana silver ini adalah hewan kelabang. Namun jangan memberinya kelabang terus menerus, setidaknya di selingi dengan makanan lainnya seperti udang, kecoa, katak,lipan, kadal, jangkrik. Selain mengandung protein yang tinggi makanan tersebut juga menjadi makanan kesukaan dari ikan arwana silver.

Ukuran Aquarium

Ikan arwana silver yang sudah dewasa biasanya bertumbuh mencapai 60 cm.  Karena ikan arwana silver ini termasuk ikan yang tergolong aktif. Jadi perlunya menciptakan kenyamanan pada aquarium juga harus di perhatikan karena akan berpengaruh terhadap pertumbuhannya. Ukuran ideal untuk aquarium adalah  memiliki lebar 1,5 kali panjang ukuran ikan, kemudian panjang aquarium 3 kali panjang ikan, sekitar 3,5 meter.

Ikan arwana silver mampu melompat hingga 2 sampai 2,5 meter. Jadi usahakanlah untuk membuat tinggi aquarium sesuai dengan kemampuan ikan arwana silver.

Di alam nyata ikan arwana silver biasanya melompat tinggi untuk menangkap serangga di sekelilingnya, meskupun anda sudah memberinya makan, sebab itu adalah sifat alamiah dari ikan arwana silver itu sendiri. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka anda perlu memberikan penutup aquarium sebagai batas agar ikan tidak mampu melompat keluar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x