Mohon tunggu...
Fuadilla Rahmah
Fuadilla Rahmah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Jadikanlah hidupmu bermanfaat bagi orang lain

Menjadi bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Siram Filsafat Pendidikan, Tokoh Pelopor, Pemikiran Kunci Tokoh Filsafat Pendidikan

26 Maret 2020   12:43 Diperbarui: 10 April 2020   18:20 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN, TOKOH PELOPOR, PRMIKIRAN KUNCI TOKOH FILSAFAT PENDIDIKAN.
Assalamualaikum, kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang aliran filsafat pendidikan, tokoh pelopor serta pemikiran kunci tokoh filsafat pendidikan, langsung aja yah.

Filsafat pendiikan merupakan aplikasi filsafat dalam pendidikan, pendidikan membutuhkan filsafat karna masalah pendidikan tidak hanya menyangkut masalah pendidikan yang dibatasi pengalaman, melainkan masalah-masalah yang lebih luas yang tidak dibatasi pengalaman maupun fakta pendidikan yang tidak dapat dijangkau oleh sains. Berikut akan dijelaskan tentang aliran filsafat pendidikan, tokoh pelopor, dan pemikiran kunci tokoh filsafat pendidikan.


A. ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN


1. Progresivisme adalah gerakan pendidikan yang mengutamakan penyelenggaraan pendidikan di sekolah berpusat pada anak. Progresivisme bukan merupakan suatu bangunan filsafat atau aliran filsafat yang berdiri sendiri, melainkan merupakan suatu gerakan dan perkumpulan yang didirikan pada tahun 1918. Progresivisme merupakan salah satu aliran filsafat pendidikan yang berkembang dengan pesat pada permulaan abad ke-20 dan sangat berpengaruh dalam pembaharuan pendidikan yang didorong oleh aliran naturalisme dan experimentalisme, instrumentalisme, evironmentalisme dan pragmatisme sehingga penyebutan nama progressivisme sering disebut salah satu dari nama-nama aliran tadi. Ciri-ciri utama aliran progresivisme ialah didasari oleh pengetahuan dan kepercayaan bahwa manusia itu mempunyai kemampuan-kemampuan dan dapat menghadapi dan mengatasi masalah-masalah yang bersifat menekan atau mengancam manusia itu sendiri dengan skill dan kekuatannya sendiri.
2. Konstruktivisme adalah suatu filsafat pengetahuan yang memiliki anggapan bahwa pengetahuan adalah hasil dari konstruksi (bentukan) manusia itu sendiri. Manusia menkonstruksi pengetahuan mereka melalui interaksi mereka dengan objek, fenomena, pengalaman dan lingkungan mereka. prinsip-prinsip konstruktivisme telah banyak digunakan dalam pendidikan sains dan matematika
 3. Humanisme adalah sebuah pemikiran filsafat yang mengedepankan nilai dan kedudukan manusia serta menjadikannya sebagai kriteria dalam segala hal.  Humanisme juga percaya pada martabat dan nilai seseorang dan kemampuan untuk memperoleh kesadaran diri melalui logika.


B. TOKOH PELOPOR FILSAFAT PENDIDIKAN


1. Charlotte mason
            Pelopor Pendidikan Dalam Area Rumah. Charlotte memiliki impian bahwa semua anak harus memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan seni liberal tanpa melihat kelas sosialnya . Charlotte juga mendedikasikan dirinya untuk memperbaiki cara mendidik anak-anak .
2. Jean piaget
Pelopor Bagaimana Anak Belajar . Jean piaget terpesona dengan bagaimana cara anak-anak berfikir, kemudian ia mulai meneliti dan menulis buku tentang psikologi anak.
3. Jerome bruner
Anak yang belajar dan menginggat itu lebih baik jika mereka belajar di rumah terlebih dahulu, jadi saat di sekolah mereka bertukar pelajaran atau mengulang pelajaran yang telah mereka pelajari di rumah, maka mereka lebih ingat dan lebih paham.


C. PEMIKIRAN KUNCI TOKOH


1. Aristoteles, yang merupakan bapak ilmu berpandangan bahwa ilmu pendidikan dibangun melalui riset pendidikan. Riset merupakan suatu gerak maju dan kegiatan-kegiatan observasi menuju prinsip-prinsip umum yang bersifat menerangkan dan kembali kepada observasi.
2. John amos Comenius, manusia adalah mahluk yang paling sempurna yang mempunyai akal dan fikiran yang digunakan untuk mencari ilmu.
3. Plato, peranan pendidikan yang paling utama bagi manusia adalah membebaskan dan memperbaharui. Pembebasan dan pembaruan itu akan membentuk manusia utuh, yaitu manusia yang berhasil menggapai segala keutamaan dan moralitas jiwa mengantarnya ke ide yang lebih tinggi, yaitu kebajikan, kebaikan, dan keadilan.
4. Abu ibnu hasan khairullah, pendidikan bertujuan untuk mendidik akal dan mengembangkanya hingga batas yang memungkinkannya untuk berfikir.
5. M. Iqbal, pendidikan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, pendidikan itu sangat perlu. Seiring majunya peradaban juga harus dibarengi dengan pendidikan.
6. Ahma dahlan, Pendidikan hendaknya ditempatkan pada skala prioritas utama dalam proses pembangunan umat,. Mereka hendaknya di didik agar cerdas, kritis dan memiliki daya analisis yang tajam dalam memeta dinamika kehidupannya pada masa depan. Adapun kunci untuk meningkatkan kemajuan umat Islam adalah dengan kembali pada Al-Qur'an dan Hadis, mengarahkan umat pada pemahaman ajaran Islam secara komfrehensif, dan menguasai berbagai disiplin ilmu pengetahuan.


Sekian dari saya semoga bermanfaat bagi yang membaca.
Wasalamualaikum..............

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun