Mohon tunggu...
Sirajul Fuad Zis
Sirajul Fuad Zis Mohon Tunggu... Jurnalis - Public Relations

Penulis, Pengamat Komunikasi, Planner dan Akademis

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Aku Harus Peduli Lingkungan agar Negeriku Tetap Indah

17 Maret 2018   23:57 Diperbarui: 18 Maret 2018   00:22 570
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Menjaga keindahaan merupakan suatu hal yang saya perhatikan dalam setiap perjalanan. Dalam perjalanan hidup, saya selalu memperhatikan lingkungan agar tetap hijau dan terlihat indah di pandang mata. 

Setiap saya berjalan, kemudian ada setumpuk sampah yang ada, saya ambil sampah tersebut dan membuangnya ke tempat sampah. Hati saya terus bergumam kepada pembuang sampah, mungkin tingkat pendidikanya belum mumpuni menyarap konsep peduli lingkungan itu bentuk peduli kepada sesama umat manusia.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Ketimpangan pembuangan sampah sembarangan yang memiliki titik berat akan berdampak buruk kepada banyak manusia. Dampak tersebut, bukan sekedar merusak keindahan secara visual. Namun dapat merugikan rakyat dengan datangnya bencana banjir, satu sampah yang terbuang ditambah dengan sampah-sampah menjadikan sebuah pulau sampah yang membahayakan keadaan orang yang berada di lingkungan. 

Dalam kehidupan nyata, saya sebagai orang yang termasuk risih dengan pulau-pulau sampah, saya bisa berkontibusi dengan memungut sampah. Tapi saya yakin, satu tindakan yang dilakukan tersebut belum membantu tumpukan-tumpukan sampah. Dalam memuaskan keinginan saya agar orang tidak lagi membuang sampah sembarangan, saya lakukan sosialisasi kepada orang-orang yang melakukan interaksi secara langsung dalam berkomunikasi.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Pesan yang saya sampaikan adalah pemahaman bahwa membuang sampah sembarangan memiliki arti kita membunuh lingkungan secara nyata. Pembunuhan lingkungan tersebut saya terangkan secara blak-blakan kepada seorang teman, agar kami sama-sama paham bahwa pembuang sampah sembarangan adalah kejatahan terhadap lingkungan. Caraku merawat negeri ini saya mulai dengan diri sendiri, kemudian saya sampaikan dengan komunikasi pentingnya merawat negeri ini agar tetap indah.

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun