Mohon tunggu...
Frilla
Frilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Film

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

5 Langkah Penting untuk Menghasilkan Konten "Out of the Box"

1 November 2022   15:45 Diperbarui: 1 November 2022   15:50 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Presentasi oleh Bapak Mohammad Reiza, B.Sc., M.Sc., MDM (Dokpri)

Menjadi seorang praktisi public relations membutuhkan berbagai keterampilan: strategi, komunikasi, analitik, dan kreativitas. Semua komponen ini dipadu untuk menghasilkan seorang praktisioner yang berkualitas dalam bidang PR.

Namun, kreativitas dalam bidang PR sering menjadi atribut yang kurang dihargai dan dapat dengan mudah dirusak atau dihambat jika tidak dikelola dengan baik. Namun apakah peran kreativitas dalam industri PR?

Mengutip dari sharing session "Digital Marketing Strategies and Tactics in Pharmacy Industry, A Lesson from PT Kimia Farma Tbk" bersama Mohammad Reiza, Social Media Management Specialist PT Kimia Farma Tbk yang diselenggarakan oleh  Prodi Ilmu Komunikasi President University (27/10), ide-ide yang kreatif sangat dibutuhkan untuk menghasilkan konten out of the box untuk menarik perhatian dan menyampaikan pesan dengan cara yang unik. 

Lalu bagaimana cara menghasilkan konten-konten yang kreatif secara original? Simak 5 langkah sederhana ini! 

  1. Perencanaan (Planning)

Langkah pertama adalah meneliti ekosistem digital dan tren terbaru yang dilakukan pesaing dan warga digital.  Kemudian rencanakan konten dan platform yang relevan dan terkait dengan visi dan misi masing-masing brand; melalui proses brainstorming internal bersama dengan tim branding.

  1. Membuat (Creating)

Setelah itu, ide-ide yang telah dituangkan dalam media perencanaan, diterjemahkan ke dalam konten visual, baik dalam bentuk gambar statis maupun animasi. Konten harus fleksibel sehingga dapat digunakan di berbagai platform digital, seperti media sosial, situs web, email, dan pesan digital yang mudah diteruskan/dibagikan.

  1. Posting

Setelah konten visual disetujui oleh tim Digital Marketing dan tim branding, konten tersebut kemudian dapat diunggah di media sosial (Instagram dan Facebook-mirroring) dan diteruskan ke situs web masing-masing brand untuk tujuan mengintegrasikan konten agar lebih efisien dalam memperbarui isi.

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
    Lihat Inovasi Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

    Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun