Mohon tunggu...
Fretty YulyYofanka
Fretty YulyYofanka Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hobi nonton

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman dalam Mengikuti Geladi Hominisasi UNPAR

4 Desember 2022   18:36 Diperbarui: 4 Desember 2022   18:46 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada tanggal 9 Desember 2022 lalu, saya mengikuti kegiatan gladi Hominisasi yang diselenggarakan oleh universitasku sendiri, Universitas Katholik Parahyangan Bandung. Sehari sebelum dilaksanakannya geladi Hominisasi, saya memiliki kewajiban untuk mengerjakan tugas yang menurut saya unik, yaitu menganalisis video tentang budaya Indonesia. Saya memilih untuk menganalisis video tentang kue tradisional yang telah dilupakan apalagi oleh kaum anak muda. Dari video tersebut, saya merasa prihatin terhadap budaya yang telah dilupakan akibat gengsi dan tidak peduli dengan budaya asalnya. Pasca geladi Hominisasi, saya mendapatkan banyak pelajaran, diantaranya yaitu, bagaimana cara menyampaikan materi dengan baik dan benar, bagaimana cara bekerja sama dalam tim dan bagaimana cara berani untuk menyampaikan pendapat. Setelah mengikuti geladi Hominisasi ini saya mengambil kesimpulan bahwa, logika dan berbahasa sangat penting digunakan karena hal tersebut penting bagi saya dalam kuliah dan pekerjaan nanti. Selain daripada itu, menurut saya geladi Hominisasi ini memiliki segudang manfaat, contohnya yaitu, menambah wawasan tentang berbahasa dengan benar, pentingnya menggunakan logika dan memperluas relasi pertemanan saya. Lewat geladi Hominisasi ini, saya mempelajari hal - hal sangat berguna bagi saya dalam menjalani kuliah, saya akan menerapkan cara bekerja sama dalam tim secara baik dan menggunakan bahasa yang benar di dalam kegiatan kuliah saya, agar kuliah saya dapat berjalan dengan lancar. Maka dari itu, saya merasa bahwa saya harus meningkatkan kemampuan berpikir dan berbahasa karena hal tersebut merupakan bekal saya dalam menjalani perkuliahan. Cara saya meningkatkan kemampuan tersebut adalah dengan terus berlatih berpikir kritis dan terus mencoba berbahasa dengan baik dan benar serta bangga dengan bahasa saya, bahasa Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun