Mohon tunggu...
Fredric Chia
Fredric Chia Mohon Tunggu... Editor - Fredric Chia adalah pembaca psikis berjiwa muda, pembaca tarot, dan penulis astrologi Cina yang tinggal di Kalimantan. Dia melayani layanan membaca tarot online untuk orang yang penasaran secara spiritual. Sejak diluncurkan pada tahun 2016, Fredric telah membantu ratusan wanita dalam mengatasi ketakutan mereka dalam mengikuti impian mereka melalui konsultasi spiritual, berkat, dan layanan curhat.

Halo, saya Fredric! Saya seorang pembaca psikis yang intuitif, pembaca tarot, dan Chinese Fortune Telling yang saat ini menjelajahi dunia untuk menyebarkan kasih dan kebenaran! Saya menemukan apa yang telah saya lewatkan dalam hidup, apa yang bisa saya lakukan lebih baik, dan saya Senang berbagi rahasia saya dengan Anda.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Delapan Trigram (Pak-Kua 八卦) dalam Ilmu Feng Shui

9 Maret 2021   17:59 Diperbarui: 9 Maret 2021   18:55 3380 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sisilah bagian delapan trigram (Ba-Gua) | Foto : Susan Levitt

Pemandangan Tiongkok Dapat Dinikmati dengan mengamati bentang alam dan merasakan keseimbangan Yin dan Yang, tetapi untuk mengumpulkan lebih banyak informasi tentang situs tertentu, gunakan kompas Feng Shui (Luo Pan) dan menggali lebih banyak riset. Bagian dalam lingkar kompas Feng Shui terdiri dari delapan trigram. Trigram adalah simbol yang terdiri dari tiga baris bertumpuk. Garis penuh melambangkan Yang sementara garis putus-putus melambangkan Yin. Delapan trigram dalam bahasa Mandarin adalah ba-gua (八卦), dilafalkan "pah gwah." "Ba" artinya "delapan," dan "gua" artinya "trigram." Pemahaman dasar tentang delapan trigram sangat membantu karena merupakan titik acuan penting dalam penerapan Feng Shui.

Awal Penciptaan delapan trigram dikaitkan dengan raja tiongkok legendaris yang bernama Fu Xi, seorang penguasa selama periode Neolitik kuno milenium ketiga SM. Kebudayaan sebelum dinasti Shang ini secara mengejutkan berkembang dengan baik, sebagaimana dibuktikan oleh penggalian arkeologi di An-Yang di Tiongkok bagian utara. Penguasa Fu Xi merancang delapan trigram melalui pengamatan Tao tentang alam seperti yang terlihat pada pola cangkang kura-kura saat hewan itu muncul dari Sungai Kuning (Yellow River). Fu Xi melihat mikrokosmos (dunia kecil, khususnya manusia dan sifat kemanusiaan yang merupakan contoh dalam ukuran kecil dari alam semesta) energi utama alam semesta dilambangkan dalam delapan tanda simbol dari cangkang kura-kura.

Delapan tanda cangkang kura-kura menjadi delapan trigram yang melambangkan alam sebagai Langit, Bumi, Api, Air, Gunung, Danau, Angin, dan Petir. Fu Xi meletakkan delapan simbol ini dalam peta bersisi delapan yang menjadi ba-gua mirip dengan bentuk cangkang kura-kura. Susunannya disebut sebagai urutan Surga Awal (Early Heaven). Delapan trigram dipelajari kembali dan menjadi terkenal di istana kekaisaran Cina oleh Kaisar Wen, pendiri dinasti Zhou, Kaisar Wen menulis secara ekstensif tentang delapan trigram yang menjadi urutan Surga Kelak (Later Heaven). Susunan Ba-Gua Kaisar Wen yang digunakan saat ini sebagai alat Feng Shui yang menjadi acuan penting. Diagram berikut menunjukkan bagaimana delapan trigram lahir dari Yin dan Yang. Gambar paling atas adalah lambang Tao, keseimbangan Yin dan Yang. Garis penuh melambangkan Yang Chi dan garis putus-putus melambangkan Yin Chi.

Empat kombinasi dua garis menggambarkan empat musim. Dua garis penuh melambangkan Yang  atau musim panas, prinsip maskulin, simbol matahari dan panas. Garis penuh Yang berada di bawah garis Yin yang terputus menunjukkan Shao Yin atau musim semi, prinsip maskulin yang lebih rendah, simbol bulan dan dingin. Garis Yin terputus di bawah garis Yang penuh berarti Shao Yang atau musim gugur, prinsip feminim yang lebih rendah, simbol bintang dan siang hari dan dua garis Yin terputus melambangkan Tai Yin, atau musim dingin, prinsip feminim yang hebat, simbol planet dan malam hari.

Dari filosofi Tao muncul sebuah inspirasi untuk menggabungkan garis Yin dan garis Yang untuk membuat sebuah trigram. Seperti yang dinyatakan Lao-tzu dalam kitab Dao De Jing:

Tao memberikan kepada Satu.
Satu melahirkan Dua.
Dua melahirkan Tiga.
Tiga melahirkan segala hal.

Dengan pemahaman delapan trigram membuka pintu untuk memahami Feng Shui Tao. Dalam penerapan Ba-Gua kita menciptakan ketertiban dan harmoni. Berikut bagian delapan trigram (Ba-Gua) beserta arti:

Langit (乾 qián ☰)


Trigram Langit terdiri dari garis-garis Yang karena Langit itu kuat dan tidak terbagi dan mendominasi paling Yang, prinsip maskulin besar. Langit melambangkan kekuatan yang menghasilkan "segala hal." Yakni sumber kreatif, kesempurnaan, kekuatan, vitalitas, orisinalitas, dan kekuatan. Semua hal tertata dengan baik: matahari bersinar, hujan turun, dan orang-orang menjadi makmur. Melalui kekuatan karakter dan ketabahan, rintangan dapat diatasi.

Bumi (坤 kūn ☷)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan