Editor : Fredric Chia
Dalam setiap budaya terdapat berbagai benda yang dianggap simbol keberuntungan. Faktor psikologis berperan dalam pemilihannya. Karena mengingatkan akan saat-saat menyenangkan, orang-orang yang baik dan disukai, serta hal-hal positif lain, sesuatu lalu menjadi simbol keberuntungan. Dalam budaya Tionghoa, naga, ikan, dan jeruk merupakan simbol-simbol yang disukai karena dipercaya dapat membawa kemakmuran.
Meski tidak terlalu vital, simbolisme merupakan bagian integral dari teknik feng shui. Pada situasi tertentu, Anda dapat memanfaatkan simbolisme sebagai cara untuk memperbaiki kondisi feng shui suatu tempat. Benda-benda yang menyimbolkan keberuntungan dapat dipadukan ke dalam dekor dengan bentuk patung, lukisan, motif wallpaper, mebel, dll.
Bagaimana tepatnya simbolisme ini bekerja? Ribuan tahun silam, seseorang menanyakan hal itu kepada seorang pakar atau master feng shui. Sang master menjawab bahwa sejujurnya ia tak dapat menjawabnya. Karena, itu sama dengan pertanyaan tentang berapa banyak ketidakberuntungan yang dapat dihindari berkat adanya simbol keberuntungan. Inilah beberapa simbol keberuntungan yang umum dipakai dalam feng shui.
Koin Fengshui (銅錢 tóng qián/tùhng chìhn/tung4 cin4)
Bentuk aslinya adalah koin kuno dari era dinasti Tiongkok silam. Sekarang, koin-koin tersebut sudah langka, jadi yang beredar di pasaran adalah replikanya saja. Karena banyak dipakai dalam aplikasi feng shui, koin ini lebih dikenal dengan istilah koin feng shui. Koin melambangkan keberuntungan dan kekayaan. Yang umum dijumpai ialah beberapa koin diikat jadi satu dengan tali merah. Koin feng shui baik untuk diletakkan di daerah sekitar pintu masuk.
Kaligrafi Cina (書法 shū fǎ/syū faat/syu1 faat3)
Jenisnya ada banyak. Tetapi, semuanya karakter (huruf) bermakna baik dan beruntung. Yang paling sering dijumpai ialah karakter fu (福 beruntung) dan ai (愛 cinta). Kaligrafi ini dapat dipasang di ruangan keluarga atau di sektor tertentu sesuai arti karakternya. Kaligrafi dengan karakter “fu” cocok untuk sektor kekayaan, dan karakter “ai” cocok bagi sektor relationship. Lebih efektif lagi jika warnanya cocok dengan unsur sektor atau tempat dipasangnya.