Mohon tunggu...
Frans
Frans Mohon Tunggu... Lainnya - Pegawai Negeri

Mengisi waktu luang dengan menulis

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Manfaat yang Saya Rasakan dalam Belajar Bahasa Asing

8 Agustus 2022   13:10 Diperbarui: 8 Agustus 2022   13:15 340
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Halo semuanya !!

Pada blog kali ini, saya ingin berbagi manfaat yang saya rasakan ketika saya mencoba belajar bahasa asing. Bahasa asing yang saya coba pelajari adalah Bahasa Prancis.

Jujur, saya termasuk orang yang gabut dan hobi rebahan. Tetapi, setelah saya mencoba mempelajari dan menekuni bahasa asing. Kebiasaan saya berbalik 180 derajat. Saya merasa waktu itu benar-benar berharga dan harus dimaknai. Tanpa banyak basa-basi, berikut, saya akan menjabarkan manfaat yang saya benar-benar rasakan dan murni dari opini saya pribadi.

1. Mencegah Gabut

Nah, untuk poin pertama ini. Saya merasa dengan menekuni suatu bidang yang benar-benar kita coba dalami, kita dapat meninggalkan kegabutan dan rebahan. Biasanya, saya ketika pulang bekerja, saya biasanya langsung bermain handphone sambil rebahan. Ketika itu, saya bisa tahan bermain handphone sambil rebahan dari pukul 6 sore sampai jam 12 malam. Luar biasa bukan ??

Saya masih ingat momen itu dimana saya mulai tertarik dengan bahasa Prancis. Ketika awal tahun 2021, saya menonton YouTube di handphone. Tidak sengaja, saya melihat video selebritis Indonesia sedang mengunggah vlog di Paris. Saya melihat Paris kota yang indah dan bersih. Selain itu, saya juga menonton video tutorial bahasa Prancis di YouTube.

Saya melihat bahwa kata dalam Bahasa Prancis mirip dengan bahasa Inggris hanya saja pengucapannya lebih khas. Sejak saat itu, saya bertekad mempelajari bahasa Prancis dan suatu hari nanti saya dapat pergi ke negara tersebut.


2. Melatih Softskill

Setelah 1,5 tahun, saya mempelajari bahasa Prancis. Akhirnya, saya lumayan bisa berbahasa Prancis. Perlu diingat belum mahir dan fasih ya teman-teman. Masih belajar juga.

Walaupun saya belum mahir dan fasih, saya bersyukur bisa mendapatkan sebuah kesempatan dari Tuhan untuk melatih softskill di bidang bahasa asing yang mungkin belum tentu didapatkan banyak orang.

Jika kita melatih softskill dengan sungguh-sungguh dan penuh dedikasi, kita bisa memiliki kesempatan dan karir yang cerah ke depannya. Bisa mendapatkan profesi dan pendidikan yang cemerlang.

Intinya, jangan pernah menyerah dan putus jika kita ingin mencoba menekuni suatu bidang baik mendalami bahasa atau bidang lainnya. Karena menjadi mahir dalam suatu bidang tidak instan dan mudah seperti menjentikkan jari tetapi memerlukan proses dan pengorbanan yang luar biasa berat.

3. Memiliki Nilai Tambah bagi Diri Sendiri

Menguasai suatu bidang terkhususnya saya dalam berbahasa Prancis menjadi nilai tambah tersendiri buat diri saya sendiri. Karena jika bisa menguasai suatu bidang dapat membedakan kita dengan orang lain. Menjadi berbeda dan unik dibanding dengan orang banyak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun