Mohon tunggu...
Fransiskus K. Doken
Fransiskus K. Doken Mohon Tunggu... Membangun Indonesia Dari Pinggiran

Bekerja di BKKBN Flotim, Kompasianer,Penulis Website adobaladesa.id

Selanjutnya

Tutup

Travel

Puncak Atu Matan Miliki Lanskap Hijau Nan Cantik, Surga Tersembunyi di Desa Adobala NTT

19 Desember 2019   18:00 Diperbarui: 19 Desember 2019   18:36 9 1 0 Mohon Tunggu...
Puncak Atu Matan Miliki Lanskap Hijau Nan Cantik, Surga Tersembunyi di Desa Adobala NTT
Puncak Atu Matan Di Desa Adobala,Kecamatan Kelubagolit,Flores Timur NTT

Tidak kalah menariknya Desa Adobala, Kecamatan Kelubagolit juga memiliki banyak potensi wisata yang sering di sebut sebagai surga yang tersebunyi yang kalau  di kaji bernilai wisata.

Puncak Atu Matan yang terletak di perbukitan sebelah Utara desa Adobala yang memiliki lanskap hijau nan cantik. Jika kita berada di lokasi Atu Matan, terlihat pesona selat sagu Atu Matan dengan hamparan pantai nan indah.

Membangun desa wisata, tidak serta merta bermodalkan pemandangan indah. Harus memenuhi beberapa kriteria dan berbagi hal-hal penting yang harus di perhatikan oleh desa tersebut. Syarat yang paling penting menjadi desa wisata, yakni Alam, Budaya dan Kreatif.

Banyak pemikiran-pemikran , ide gagasan yang sempat di diskusikan komponen masyarakat setempat untuk bagaimana menjadikan desa Adobala sebagai desa Pariwisata.

Menurut beberapa pengamat lokal di desa  setempat, harus CEO commitment dari kepala desa, Kelompok Sadar Wisata dari masyarakat, dan Generasi Pariwisata. Kepala Desa bias saja meneruskan kepada Bupati setempat untuk mengeluarkan SK untuk desa Wisatanya, supaya dari pihak Kementerian Pariwisata bias mendata dan membantu mempromosikan, asalkan pembangunan yang baik, pendanaan dan pengelolaannya untuk menjadi desa wisata.

VIDEO PILIHAN